5 Hal Yang Harus Disiapkan Sebelum Traveling ke Belitung | Breaktime
5 Hal Yang Harus Disiapkan Sebelum Traveling ke Belitung
13.03.2015

Sejak booming film Laskar Pelangi tahun 2008 lalu, Pulau Belitung menjadi destinasi alternatif bagi traveler domestik yang ingin menikmati keindahan pantai, budaya, dan kuliner "Negeri Laskar Pelangi".

Jarak yang relatif tak terlalu jauh dari ibu kota, akses yang mudah, biaya hidup yang tak terlalu mahal, serta keramahan warga Belitung dengan "Kota Seribu Warung Kopi"nya membuat pulau ini tak pernah sepi dari kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara.

Hanya perlu waktu 3 hari 2 malam untuk bisa mengeksplor hampir sebagian besar Pulau Belitung dan pulau-pulau kecil di sekitarnya, seperti Pulau Lengkuas dan Pulau Kepayang, termasuk mencicipi mie belitung yang merupakan ikon kuliner pulau ini.

Meski terkesan mudah dan simpel, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum traveling ke Pulau Belitung. Berikut beberapa tips untuk B'timers yang merencanakan jalan-jalan ke Pulau Belitung.

5 Hal Yang Harus Disiapkan Sebelum Traveling ke Belitung

Pilih Penerbangan Pagi

Dengan memilih penerbangan pagi dari Jakarta, B’timers bisa memanfaatkan waktu sisa setengah hari dengan mengunjungi beberapa destinasi seperti Pantai Serdang, Wihara Dewi Kwan Im, Pantai Burong Mandi, dan menikmati sunset beserta kulinernya di Tanjung Pendam.

Bawa Alat Snorkeling

Bagi penggemar bawah laut, belum lengkap ke Pulau Belitung tanpa menikmati taman terumbu karang dan ikan warna-warni di perairan Pulau Lengkuas. Snorkeling biasanya sudah termasuk dalam paket tour Belitung, namun beberapa tour operator tidak menyediakan fins. Bawa perlengkapan snorkeling sendiri adalah pilihan terbaik agar Anda tetap bisa menikmati keindahan bawah laut Belitung dengan nyaman.

Pakai Sunblock

Pulau Belitung terletak tak jauh dari garis khatulistiwa, karenanya saat siang hari sinar matahari di wilayah ini lebih terik dan menyengat dari wilayah lain di Indonesia. Persiapkan sunblock karena mayoritas kegiatan island hopping di Belitung dilakukan pada siang hari, saat matahari sedang terik-teriknya.

Nonton "Laskar Pelangi"

Mungkin di antara B'timers sebagian besar sudah nonton film Laskar Pelangi, tapi bagi yang belum, alangkah baiknya nonton film yang diangkat dari novel karangan Andrea Hirata ini sebelum pergi ke Belitung. Di antara destinasi yang dikunjungi sangat erat kaitannya dengan adegan-adegan dalam film ini, seperti Replika SD Laskar Pelangi, Museum Kata Andrea Hirata, dan Pantai Tanjung Tinggi.

Donasi Buku Pelajaran

Film "Laskar Pelangi" telah membuka wawasan anak-anak sekolah di pulau Belitung bahwa dengan ilmu pengetahuan mereka bisa menggapai cita-cita. Anak-anak Belitung terkenal pintar dan gemar membaca, tak ada salahnya Anda bawakan mereka satu dua buku pelajaran sebagai tambahan koleksi sekaligus menyebarkan ilmu kepada anak-anak di pulau ini.

Nah, dengan 5 tips di atas, B'timers kini siap berpetualang menuju Negeri Laskar Pelangi. Let’s go!

Share This Article