5 Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Mendaki Gunung | Breaktime
5 Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Mendaki Gunung
09.05.2015

Aktivitas mendaki gunung akhir-akhir ini makin banyak diminati traveler. Munculnya film nasional yang mengangkat tema pendakian gunung ternama seperti Semeru dan Rinjani menambah daya tarik aktivitas pendakian.

Meski terkesan keren, mendaki gunung tetaplah kegiatan dengan resiko tinggi. Diperlukan persiapan khusus, keahlian, fisik, dan mental yang kuat untuk bisa mencapai puncak. Selain itu, tantangan cuaca, kondisi medan, dan faktor alam lainnya juga menjadi ancaman bagi pendaki.

Namun bila dilakukan dengan benar dan dipersiapkan dengan matang, kegiatan mendaki gunung bisa menjadi pengalaman traveling yang menyenangkan. Simak beberapa tips dari Breaktime sebelum mendaki gunung berikut ini.

5 Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Mendaki Gunung

Informasi

Kumpulkan informasi terbaru tentang gunung yang akan anda daki. Informasi bisa kita dapat dari internet atau pengalaman teman-teman yang lebih dulu mendaki ke gunung tersebut. Setiap gunung memiliki medan, kondisi alam, cuaca, situasi, karakteristik pendakian, hingga faktor alam lainnya yang berbeda-beda.

Peralatan

Peralatan seperti head lamp, tali, gigi sepatu, trekking pole, jaket, dan sleeping bag perlu dipersiapkan sebelum mendaki gunung. Head lamp atau senter sangat penting terutama untuk pendakian pada malam hari, sementara tali, gigi sepatu, dan trekking pole diperlukan sesuai dengan kondisi medan pendakian yang akan dilalui.

Stamina

Trekking berjam-jam, bahkan berhari-hari, tentu membutuhkan stamina yang tidak sembarangan. Agat tidak terkendala stamina saat mendaki gunung, usahakan untuk melakukan latihan beberapa minggu sebelum pendakian. Latihan bisa berupa jogging, berenang, fitness, bersepeda, hingga mengurangi begadang dan memperbanyak istirahat.

Mental

Mental yang kuat mutlak diperlukan saat mendaki gunung, mengingat medan yang dilalui tak mudah dan kadang beresiko tinggi. Bila kita mudah panik dan cemas saat berada di ketinggian, maka kita perlu menguatkan mental lagi sebelum memutuskan untuk melakukan proses pendakian.

Perbekalan

Bekal makanan dan air secukupnya sangat diperlukan karena mendaki gunung memerlukan tenaga yang tidak sedikit. Usahakan membawa makanan dan minuman dengan kandungan kalori dan karbohidrat tinggi untuk sumber energi. Selain itu hindari rokok dan alkohol selama pendakian.

Dengan beberapa tips di atas, B'timers kini bisa mempersiapkan diri lebih matang sebelum merencanakan mendaki gunung. Selamat berpetualang!

Share This Article