5 Tips dan Trik Penting Sebelum Memotret Sunrise | Breaktime
5 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memotret Sunrise
22.08.2015

Beberapa lokasi seperti Gunung Bromo, Candi Borobudur, hingga Gunung Rinjani identik dengan keindahan panorama alam saat matahari muncul dari ufuk timur.

Kecanggihan teknologi kamera dan gadget membuat kita bisa mengabadikan momen sunrise tersebut dan menyebarkannya melalui media sosial. Namun, tak jarang foto yang dihasilkan terasa kurang sempurna, atau tak seindah pandangan mata yang sebenarnya.

Baca Juga : PANTAI PERO, SALAH SATU LOKASI TERBAIK MENIKMATI SUNSET DI PULAU SUMBA

Ada beberapa tips untuk mendapatkan hasil terbaik saat memotret sunrise, berikut di antaranya:

1. Bangun lebih pagi

Semakin pagi kita bangun dan prepare segala keperluan untuk menuju spot sunrise, semakin bagus pula foto yang bisa dihasilkan. Kita bisa datang ke lokasi lebih awal, memilih sudut yang tepat, dan sebagainya.

5 Tips dan Trik Penting Sebelum Memotret Sunrise | Breaktime
Sunrise dari Pantai Bama di Taman Nasional Baluran Jawa-Timur

2. Persiapan lebih awal

Persiapkan segala perlengkapan untuk ke lokasi sunrise pada malam sebelumnya, bukan beberapa menit sebelum berangkat. Kumpulkan semua peralatan dalam satu tas, seperti lensa, baterai, tripod, dan sebagainya. Peralatan lain seperti pakaian hangat, jaket, dan sepatu menyesuaikan lokasi sunrise, apakah itu di daerah pegunungan atau pantai.

3. Survei lokasi

Hal ini tidak wajib, tapi bila memungkinkan ada baiknya sehari sebelumnya kita sudah mengetahui lokasi untuk  memotret matahari terbit di lokasi tersebut. Survei bisa juga dilakukan dengan menggali informasi dari internet, blog, atau bertanya pada penduduk lokal daerah tersebut.

5 Tips dan Trik Penting Sebelum Memotret Sunrise | Breaktime
Gunung Bromo menjadi salah satu lokasi favorit untuk menikmati sunrise

4. Cuaca

Faktor cuaca cukup krusial dalam sebuah pemotretan, terutama sunrise. Saat musim kemarau, langit biasanya cukup cerah meskipun kadang tertutup kabut tips saat pagi hari sesaat sebelum sunrise. Ketika musim hujan, kabut tebal cukup mengganggu aktivitas kita dalam mengabadikan momen matahari terbit. Saat ini, banyak aplikasi perkiraan cuaca online yang bisa dijadikan panduan.

5. Komposisi

Termasuk dalam bagian teknis pemotretan. Perhatikan komposisi gambar untuk mendapatkan hasil terbaik. Tak harus terpaku pada mataharinya, tetapi bisa juga mengambil obyek lain seperti manusia, pohon, bukit, dan sebagainya. Penggunaan lensa wide akan membuat hasil foto lebih maksimal.

Terus mencoba dan berlatih adalah kunci dari sebuah hasil foto yang bagus. Karena itu, bila gagal mendapatkan foto yang sesuai harapan pada sunrise pertama, jangan menyerah dan coba lagi pada kesempatan-kesempatan berikutnya. Selamat mencoba, B'timers!

Share This Article