5 Hal Penting Sebelum Menyelam a la Free Diving | Breaktime
5 Hal Penting Sebelum Menyelam a la Free Diving
21.04.2016

Apakah B'timers suka wisata bawah laut? Perlu kemampuan khusus untuk bisa menikmati keindahan bawah laut, seperti diving dan snorkeling.

Kegiatan diving atau selam memerlukan peralatan khusus seperti tabung oksigen, pakaian selam, dan instruktur yang telah berlisensi. Sementara untuk snorkeling, B'timers hanya perlu alat sederhana seperti snorkel dan fin.

Di antara keduanya, terdapat teknik menyelam yang tidak menggunakan alat selam atau tabung oksigen, tetapi hanya menggunakan fin dan snorkel seperti layaknya aktivitas snorkeling. Aktivitas ini lazim disebut free diving.

Karena hanya menggunakan alat dasar seperti masker dan kaki katak, untuk bisa melakukan free diving ini B'timers harus memiliki kemampuan berenang dan mengatur nafas selama berada di dalam air.

Free diving termasuk kegiatan berbahaya jika tak memiliki pengalaman sebelumnya. Seseorang yang ingin mencoba free dive harus terlebih dahulu memiliki pengalaman dan informasi sebelum mencoba kegiatan ini. Berikut beberapa tips sederhana sebelum melakukan free dive.

5 Hal Penting Sebelum Menyelam a la Free Diving | Breaktime
Kemampuan berenang dan mengatur pernafasan sangat diperlukan saat free diving

Belajar dan cari informasi

Sebelum melakukan free diving, pelajari dan cari informasi sebanyak-banyaknya tentang aktivitas ini. Selain belajar langsung dari teman yang sudah mahir, B'timers juga bisa belajar dari video Youtube dan buku.

Perlengkapan

Pastikan kenyamanan dan keamanan perlengkapan yang akan dipakai, yaitu masker dan fins. Gunakan masker dengan spesifikasi low volume agar lebih efisien dalam menyesuaikan tekanan udara saat berada di dalam air. Pilih fins (kaki katak) dengan spesifikasi long fins untuk membantu pergerakan di dalam air karena bisa mendorong lebih kuat dengan sekali mengepakkan kaki.

5 Hal Penting Sebelum Menyelam a la Free Diving | Breaktime
Usahakan untuk selalu ditemani guide atau instruktur free dive

Tenang saat berenang

Sebelum mencoba free dive, pastikan telah menguasai teknik-teknik dasar berenang, terutama di laut, karena berenang di laut berbeda dengan berenang di kolam renang. Jangan panik saat di dalam air karena justru akan berbahaya.

Coba di perairan dangkal

Sama seperti snorkeling, terlebih dulu cobalah melakukan free dive di perairan dangkal, dengan kedalaman sekitar 1,5 sampai 2 meter. Pastikan arus laut tidak terlalu kuat sehingga tidak mengganggu kenyamanan belajar free dive.

Jangan menyelam sendiri

Sama seperti scuba diving, aktivitas free dive juga sangat dianjurkan untuk tidak menyelam sendiri. Mintalah untuk ditemani teman yang sudah mahir melakukan free dive. Lebih bagus lagi bila teman menyelam sudah memiliki sertifikat dive. (ZA)

Share This Article