5 Cara Singkat dan Mudah Packing Sebelum Liburan | Breaktime
5 Cara Singkat dan Mudah Packing Sebelum Liburan
24.05.2016

Setiap traveler tentu memiliki cara dan trik sendiri untuk mengemas pakaian alias packing, baik itu untuk traveling ala koper maupun ransel.

Salah satu cara packing pakaian yang paling sering diterapkan adalah dengan cara digulung. Selain mudah dan menghemat tempat di dalam koper atau ransel, cara digulung juga menjaga pakaian tetap rapi dan tidak kusut.

Masih ada beberapa cara lain untuk mengemas pakaian saat hendak liburan. Berikut beberapa tips bagi B'timers seperti dikutip dari Lonely Planet dan Expedia.

Pakaian (baju atasan)

Lebarkan pakaian sesuai dengan bentuk aslinya dan dalam kondisi tetap dikancingkan. Gulung baju dari bagian bawah menuju ke atas. Sesuaikan panjang gulungan baju sesuai ukuran koper atau ransel.

Kaos (t-shirt)

Hampir sama dengan baju, lebarkan kaos sesuai ukuran aslinya. Lipat bagian lengan ke bagian depan dan bagian bawah baju ke belakang. Setelah membentuk persegi, gulung kaos dari bagian atas menuju ke bawah.

5 Cara Singkat dan Mudah Packing Sebelum Liburan | Breaktime
Bungkus sepatu dengan plastik agar tak tercampur pakaian lain

Sepatu

Sediakan plastik untuk membungkus sepatu agar tidak tercampur dengan pakaian lain di dalam ransel atau koper. Sepatu biasanya berpasangan dengan kaos kaki. Agar praktis, gulung kaos kaki dan selipkan ke dalam lubang sepatu. Tempatkan sepatu yang sudah terbungkus plastik ke bagian paling bawah koper atau tas.

Perhiasan dan aksesoris

Saat ini traveler sudah tak bisa dipisahkan dari perhiasan atau aksesoris. Tempatkan barang-barang ini pada kantong plastik transparan. Pisahkan antara kosmetik dan aksesoris. Masukkan barang-barang tersebut pada ransel atau koper bagian samping atau depan, bukan di bagian belakang atau jadi satu dengan pakaian.

Amenities (peralatan mandi)

Meskipun sudah tersedia di hotel, kadang B'timers tetap membawa peralatan mandi sendiri seperti sikat gigi, sabun, pembersih muka, shampoo, dan lain-lain karena dirasa lebih aman dan nyaman. Tempatkan amenities pada kantong kecil tahan air dan dalam posisi yang terpisah dengan pakaian. (ZA)

Share This Article