5 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Traveling | Breaktime
5 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Traveling
28.04.2016

Kesehatan merupakan hal paling penting dalam kehidupan sehari-hari, demikian pula saat B'timers sedang dalam perjalanan atau melakukan aktivitas traveling.

Namun aktivitas di tempat wisata tak jarang membuat B'timers lupa untuk memperhatikan dan menjaga kesehatan. Hal-hal sepele seperti jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi, tidur larut malam, kurang istirahat, dan mengabaikan olahraga berpotensi mengacaukan kondisi tubuh dan membuat kesehatan B'timers terganggu.

Berikut beberapa hal sederhana yang bisa dilakukan untuk tetap menjaga kesehatan selama di perjalanan maupun di tempat wisata.

1. Jaga daya tahan tubuh

Daya tahan tubuh tidak dapat ditingkatkan secara instan, meskipun telah mengkonsumsi berbagai minuman multivitamin. Lakukan olahraga ringan seperti bersepeda, jogging, atau berenang secara rutin beberapa hari sebelum keberangkatan, terutama bila destinasi yang dituju memerlukan aktivitas fisik lebih, seperti mendaki gunung.

5 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Traveling | Breaktime
Kuliner ekstrem di Bangkok, hindari makanan ini apabila punya alergi tertentu

2. Jaga pola makan

Menjaga pola makan sangat penting selama di perjalanan dan tempat wisata. Hindari makanan terlalu pedas, makanan dengan kandungan gas dan kolesterol tinggi, serta jenis makanan tertentu bila punya alergi, seperti seafood. Perbanyak makan buah dan sayuran bisa membantu kondisi tubuh tetap segar.

3. Vaksin

Ketahui keadaan di lokasi tempat tujuan apakah perlu vaksin tertentu sebelum pergi, misalnya vaksin flu, malaria, dsb. Meskipun vaksin tersebut tidak sepenuhnya menjamin B'timers kebal terhadap penyakit atau virus, setidaknya langkah pencegahan telah dilakukan sejak awal.

5 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Traveling | Breaktime
Aktivitas luar ruangan membantu kondisi tubuh tetap bugar selama liburan

4. Hand sanitizer

Tak ada salahnya selalu membawa hand sanitizer karena di beberapa destinasi tidak tersedia sarana cuci tangan yang layak sebelum dan sesudah makan. Bawa tisu basah dan kering agar kebersihan tangan maupun tempat makan selalu terjaga.

5. Kurangi kafein dan alkohol

Kurangi dan bila perlu hindari konsumsi minuman beralkohol karena tidak baik untuk sistem daya tahan tubuh, selain itu juga bisa menimbulkan efek negatif pada keamanan. Selain itu mengurangi konsumsi kopi juga baik untuk kondisi tubuh. Istirahat yang cukup sangat berpengaruh dalam menjaga kondisi tubuh selama di perjalanan. (ZA)

Share This Article