5 Cara Menghemat Anggaran Penginapan Traveling | Breaktime
5 Cara Menghemat Anggaran Penginapan Saat Traveling
28.03.2016

Salah satu anggaran terbesar saat melakukan perjalanan adalah ongkos menginap. Apabila tidak direncanakan dengan matang, biaya akomodasi bisa menguras ongkos traveling kita.

Ada beberapa alternatif yang bisa dilakukan untuk menghemat biaya penginapan saat traveling. Mulai dari memilih jenis penginapan hingga memanfaatkan promo dari berbagai agen penyedia tiket perjalanan.

Hostel

Hostel identik dengan tipe kamar berupa dormitory, yaitu ranjang bertingkat dan berbagi dengan tamu yang lain. Hostel biasanya menjadi pilihan backpacker untuk menghemat biaya penginapan. Beberapa hostel kini menawarkan kamar khusus perempuan.

5 Cara Menghemat Anggaran Penginapan Traveling | Breaktime
Penginapan ala dormitory ini lokasi favorit backpacker untuk menghemat budget

Apartemen

Beberapa wisatawan Indonesia biasanya memilih sewa apartemen, meskipun harga sewa apartemen beberapa malam cukup mahal, tapi menginap di apartemen bisa menjadi pilihan apabila patungan beberapa orang.

Share cost

Prinsip dari model ini yaitu patungan alias membagi biaya penginapan beramai-ramai. Sebagai contoh salah satu cottage di Pulau Weh berharga Rp 500 ribu per malam dan bisa ditempati empat sampai enam orang. Dengan harga tersebut maka satu orang cukup membayar sekitar Rp 100 ribu.

5 Cara Menghemat Anggaran Penginapan Traveling | Breaktime
Penginapan ala cottage bisa hemat apabila sewa dengan sistem share cost

Couchsurfing

Model couchsurfing kini makin populer di kalangan wisatawan. Selain bisa menghemat biaya penginapan, tinggal bersama host couchsurfing membuat traveler merasakan interaksi lebih dekat dengan penduduk lokal.

Promo Online

Saat ini sudah banyak aplikasi pemesanan hotel online dengan berbagai promo menarik mulai potongan harga secara tunai, diskon kartu kredit, hingga promo tertentu bagi pelanggan. Tak ada salahnya mengikuti akun media sosial mereka untuk mendapatkan update promo atau diskon harga hotel setiap saat. (ZA)

Share This Article