5 Cara Mengamankan Saldo Tabungan saat Liburan | Breaktime
5 Cara Mengamankan Saldo Tabungan saat Liburan
26.07.2015

Salah satu hal terpenting saat merencanakan agenda perjalanan adalah menentukan batas pengeluaran. Bila ingin berhemat, B'timers bisa menentukan batas pengeluaran per hari selama liburan atau di perjalanan.

Libur panjang yang bertepatan dengan libur sekolah biasanya dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia untuk bepergian. Nah, ada beberapa tips agar B'timers bisa lebih berhemat dan memaksimalkan uang selama liburan:

Baca Juga : TIPS LIBURAN HEMAT DI HANOI TANPA CUTI PANJANG

Buat anggaran per hari

Liburan tanpa perencanaan anggaran akan justru akan menjadi masalah di kemudian hari. Bukannya pikiran menjadi rileks dan fresh usai liburan, yang ada adalah tabungan yang terkuras, limit kartu kredit terlewati, atau membeli terlalu banyak oleh-oleh.

Tentukan batas pengeluaran di awal sebagai hal terpenting dalam merencanakan agenda perjalanan. Bila ingin lebih hemat, tentukan batas pengeluaran per hari sepanjang liburan.

2. Hunting diskon dan promo

Mempersiapkan rencana perjalanan jauh hari sebelumnya turut membantu menekan biaya perjalanan. Saat terbaik untuk memesan tiket perjalanan saat musim liburan adalah sekitar empat minggu sampai tiga bulan sebelum hari-H. Siapkan "plan B" bila terpaksa harus membeli tiket last minute karena beresiko membuat biaya perjalanan makin tinggi.

Bila memiliki kartu kredit atau keanggotaan dari maskapai tertentu, gunakan reward point untuk membayar tiket pesawat. Beberapa situs penjualan tiket online juga kerap memberi diskon pada periode tertentu, sehingga pastikan sudah berlangganan newsletter atau follow media sosial mereka.

5 Cara Mengamankan Saldo Tabungan saat Liburan | Breaktime
Kawasan Khaosan Road yang terkenal sebagai pusat backpacker di Bangkok

3. Bawa barang secukupnya

Dengan barang bawaan seringkas  mungkin, kita bisa menyisakan tempat atau bagasi lebih banyak untuk perjalanan kembali, juga mengurangi biaya bagasi bila terbang dengan maskapai budget. Selain itu dengan hanya membawa satu tas ransel -ukuran 35-45 liter untuk perjalanan 3-4 hari, kita bisa lebih mudah berpindah tempat atau bepergian dengan transportasi umum.

5 Cara Mengamankan Saldo Tabungan saat Liburan | Breaktime
Masakan local atau streetfood lebih murah dan banyak-pilihan

4. Hemat pengeluaran makan

Biaya makan merupakan salah satu anggaran terbesar saat liburan. Cara terbaik untuk menghemat adalah dengan eat like locals, menikmati menu lokal di warung atau rumah makan yang menyajikan menu lokal. Di Bali misalnya, kita bisa hanya mengeluarkan Rp 25.000 atau Rp 300.000 untuk sekali makan, tergantung tempat makan yang dipilih.

5 Cara Mengamankan Saldo Tabungan saat Liburan | Breaktime
Memilih jenis penginapan juga erat kaitannya dengan budget liburan

5. Pintar pilih penginapan 

Menentukan pilihan hotel erat kaitannya dengan berapa besar anggaran dan jenis aktivitas yang akan dilakukan selama liburan. Bila lebih banyak aktivitas di luar, tak perlu memilih hotel berbintang lima karena toh hanya akan dibuat istirahat pada malam hari dan kembali keluar kamar pada esok paginya. 

Alternatif lain, B’timers bisa tinggal di homestay atau hostel, dengan harga yang jauh lebih murah. Saat ini juga banyak aplikasi seperti Airbnb atau program Couchsurfing di mana kita bisa tinggal untuk beberapa hari di destinasi dengan biaya sangat terjangkau.

Share This Article