4 Tips Traveling Aman untuk Calon Turis Istanbul | Breaktime
4 Tips Traveling Aman untuk Calon Turis Istanbul
27.04.2015

Sama seperti ibukota negara-negara lain, di Istanbul juga sering terjadi penipuan terhadap para turis asing. It’s typical and they also have to cope with it. Di ibukota Turki yang ditinggali lebih dari 12 juta penduduk, tentu ada saja orang yang punya niat jahat. Tak berarti itu menyurutkan semangat traveling Anda, bukan? Sebab Breaktime akan memberikan tips agar aman dari penipuan turis yang menanti: 

Menghindari ajakan minum

Saat sedang berjalan-jalan sendirian terutama di malam hari, hindari pria ramah yang tiba-tiba mendekati Anda dan mengajak untuk masuk ke kafe, bar, atau klub. Tujuannya memang sengaja “menarik” Anda untuk datang ke bar milik mereka dan menyuguhkan minuman dengan harga melambung sehingga mereka akan mendapat untung besar.

Menghindari tukang semir sepatu

Hati-hati saat melihat seseorang tak sengaja menjatuhkan semir sepatunya di dekat kaki Anda, jangan terburu-buru mengambilkannya karena biasanya itu jadi trik untuk mengelabui turis. Mereka serta-merta menawarkan semir sepatu gratis, namun meminta bayaran tinggi usai menyemir sepatu. Sebaiknya abaikan saja kejadian semacam ini dan terus berjalan. Jika mereka melakukan trik menawarkan harga, langsung saja setujui di awal berapa yang akan Anda bayar agar ia tak meminta lebih nantinya.

Menghindari toko karpet dan kulit

Ini biasa terjadi di daerah Sultanahmet dan Grand Bazaar. Jangan terbujuk ajakan seorang pria ramah yang berjanji akan mengantarkan Anda ke tempat tujuan. Pria tersebut justru akan mengajak Anda “mampir” ke toko sekaligus rumahnya, menceritakan tentang betapa bagusnya karpet yang mereka miliki dan mengapa Anda harus membelinya. 

Tindak kejahatan kadang terjadi karena adanya kesempatan, hati-hati ya B’timers!
Tindak kejahatan kadang terjadi karena adanya kesempatan, hati-hati ya B’timers!

Menghindari copet

Waspadalah! Itulah kata-kata yang harus dicamkan para turis terutama saat pertama kali berkunjung ke kota asing. Sebab, copet yang lihai ada di mana-mana dengan segudang trik untuk melancarkan aksinya. Agar aman, taruhlah dompet di saku depan celana, letakkan tas selempang di bagian depan tubuh atau yang terjangkau pandangan, serta pastikan semua resleting tertutup rapat.

Wow, ternyata cerdas juga ya, para “penipu” itu beraksi. Selain yang sudah disebutkan tadi, Anda juga harus hati-hati dengan taxi scam yang marak di Turki, pastikan selalu sedia uang receh agar bisa membayar pas dan perhatikan betul taximeter serta rute perjalanan B’timers. Have a nice trip!

Share This Article