4 Tips Amankan Smartphone di Perjalanan Mudik | Breaktime
4 Tips Amankan Smartphone di Perjalanan Mudik
07.07.2016

Lebaran begini, masih ada beberapa orang yang baru melakukan perjalanan mudik. Jika Anda termasuk yang terlambat mudik, persiapkan peralatan penting seperti smartphone. Smartphone atau tablet menjadi barang wajib untuk sekedar mengabadikan momen, penunjuk jalan atau untuk berkomunikasi dengan kerabat. Banyak hal yang harus diperhatikan agar ponsel kita tersebut berfungsi sesuai dengan yang kita inginkan. Karena itu, yuk amankan smartphone dengan kiat berikut.

Gunakan jaringan WiFi yang aman

Jika Anda berada di bandara, tempat peristirahatan, caffe, atau lobi hotel yang menyediakan fasilitas wifi, pilihlah yang menggunakan wifi dengan proteksi password. Jaringan wifi yang berpassword akan lebih aman daripada yang bersifat ‘open’. Kenapa? Pada jaringan wifi yang open tersebut ada pihak lain yang tidak bertanggung jawab bisa bebas masuk dan lebih mudah melakukan hacking pada perangkat Anda. Oleh karena itu berpikir dua kalilah sebelum memakai jasa wifi gratisan ditempat-tempat tertentu.

4 Tips Amankan Smartphone di Perjalanan Mudik | Breaktime
Jangan sembarangan pakai jaringan WiFi gratis

Lebih aman pakai “https”

Apabila Anda ingin mengakses akun online yang penting, seperti internet banking atau transaksi pembayaran online via kartu kredit, pastikan Anda mengakses URL yang diawali “https” bukan “http”. “Https” lebih aman dari “http”. Karena dalam “https” selalu melakukan encrypt data pada saat pengguna mengaksesnya.

Rutin lakukan monitor akun Kartu Pembayaran

Ketika Anda berwisata ke suatu tempat, pasti banyak sekali modus penipuan, seperti tagihan dobel yang dibebankansaat membayar menggunakan kartu kredit atau debit ATM. Oleh karena itulah, sering cek akun kartu pembayaran Anda. Dan ingat, Anda harus mengakses online itu dengan menggunakan “https” bukan “http”.

4 Tips Amankan Smartphone di Perjalanan Mudik | Breaktime
Hindari melakukan transaksi penting lewat ponsel saat di perjalanan

Password-protect semua aplikasi

Di dalam smartphone Anda pasti banyak data-data penting yang bersifat pribadi. Anda pasti tidak senang apabila data-data tersebut jatuh ke tangan yang tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu, pasang password pada perangkat-perangkat yang menurut Anda penting. Kalau perlu install aplikasi canggih yang memproteksi dengan baik kalau tiba-tiba smartphone tidak ada di tangan, Anda bisa aman karena smartphone Anda telah terproteksi dengan baik.

Demikian tips hal yang perlu Anda perhatikan. Apabila semua sudah Anda siapkan, then you are ready to go! Selamat Mudik dan selamat lebaran, B’timers! (nap)

Share This Article