4 Cara Aman Sebelum Booking Tiket Pesawat Online | Breaktime
4 Langkah Aman Sebelum Booking Tiket Pesawat Online
25.03.2016

Pesatnya perkembangan teknologi informasi dan aplikasi online membuat B'timers kini makin mudah melakukan pemesanan tiket pesawat, kereta api, maupun hotel.
Apabila beberapa tahun lalu orang harus datang ke agen penjualan resmi untuk membeli tiket pesawat, saat ini setiap orang bisa menggunakan aplikasi pemesanan tiket pesawat online di smartphone.
Meski semakin mudah dalam melakukan transaksi, namun B'timers harus tetap berhati-hati saat melakukan pemesanan online karena masih sering ditemui berbagai modus penipuan. Berikut beberapa tips aman dalam melakukan booking tiket pesawat secara online.

1. Agen terpercaya

Usahakan untuk selalu membeli tiket dari penyedia jasa online yang telah diketahui sepak terjangnya. Pada agen penjualan online yang resmi, rincian perjalanan dan harga tiket pesawat dari berbagai maskapai akan ditampilkan pada saat yang sama, sehingga calon pembeli bisa langsung melakukan perbandingan harga.

2. Hindari pembelian lewat telepon atau SMS

Hindari membeli tiket pesawat melalui telepon atau SMS, terutama dari pihak yang belum dikenal. Terlebih bila nomor telepon yang digunakan menggunakan nomor handphone, karena agen perjalanan resmi biasanya menyediakan fasilitas call center.

Baca Juga : Hindari Kesalahan ini Saat Booking Tiket Pesawat

4 Cara Aman Sebelum Booking Tiket Pesawat Online | Breaktime
Carilah agen tiket yang terpercaya

3. Pembayaran fleksibel

Agen perjalanan resmi telah memiliki metode pembayaran yang terintegrasi dengan sistem maskapai penerbangan. Selain itu juga terintegrasi dengan e-solution di beberapa bank besar. Hal ini membuktikan bahwa agen tersebut memiliki kontrak e-commerce profesional dengan bank.

4. Transfer bank (ATM, SMS, Online)

Agen perjalanan online menggunakan akun virtual untuk transaksi. Jumlah digit rekening akun virtual berbeda dengan rekening biasa. Jumlah digit nomor rekening virtual biasanya lebih banyak dari rekening bank biasa. Saat konfirmasi, B'timers akan melihat nama agen perjalanan online tersebut, bukan atas nama individu. (ZA)

Share This Article