Cara Atasi Post Holiday Blues Usai Libur Panjang | Breaktime
3 Cara Atasi Post Holiday Blues Usai Libur Panjang
16.07.2016

Libur panjang Idul Fitri telah berlalu. Hampir sebagian besar masyarakat perkotaan telah kembali dari kampung halaman untuk melakukan aktivitas seperti biasa.

Bagi sebagian orang, libur panjang Idul Fitri selain dimanfaatkan untuk silaturahmi keluarga, juga dimaksimalkan untuk liburan ke berbagai destinasi sekitar kampung halaman.

Kembali melakukan rutinitas sehari-hari usai libur panjang bisa mengakibatkan post holiday blues atau perasaan mengganjal usai liburan. Menurut Huffington Post, kondisi ini normal karena orang sering merasa ingin kembali melancong meskipun baru kembali ke rumah.

Cara Atasi Post Holiday Blues Usai Libur Panjang | Breaktime
Setelah beberapa hari liburan, beberapa orang kerap mengalami Post Holiday Blues

Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengantisipasi post holiday blues dan membuat B'timers kembali produktif usai libur panjang.

1. Jeda beberapa hari untuk penyesuaian

Hindari tiba di rumah pada sore atau malam hari, sementara keesokan pagi langsung kembali masuk kerja. Hal ini membuat tubuh tidak memiliki banyak waktu untuk istirahat. Ambil satu atau dua hari untuk istirahat untuk adaptasi dan mengembalikan ritme tubuh.

Cara Atasi Post Holiday Blues Usai Libur Panjang | Breaktime
Posting foto liburan dan rencanakan liburan berikutnya agar lebih semangat

2. Mengelola dokumentasi perjalanan

Dokumentasi perjalanan bisa berupa foto, video, atau tulisan. Mengelola kembali dokumentasi perjalanan bisa mengurangi post holiday blues karena membuat lebih tenang dan bersemangat, terutama bila dokumentasi tersebut menyimpan memori unik selama di perjalanan.

3. Merencanakan perjalanan berikutnya

Setelah selesai liburan dari satu destinasi, wajar bila B'timers ingin mendatangi destinasi lainnya. Rencanakan perjalanan berikutnya sejak jauh hari, selagi harga tiket dan penginapan tidak terlalu tinggi karena jeda waktu yang cukup lama.

Dengan cara-cara tadi, Anda takkan lagi mengalami perasaan terganjal setelah liburan panjang dan bisa kembali beraktivitas dengan normal. Meski membutuhkan sedikit waktu tambahan, itu lebih baik supaya Anda tak mengalami “jetlag” pasca liburan. Re-enjoy your work day , B’timers. (za)

Share This Article