10 Tips Memilih Alat Snorkel Yang Baik | Breaktime
10 Tips Memilih Alat Snorkel Yang Baik
07.03.2015

Lebih dari 70 persen permukaan bumi tertutup oleh air. Indonesia pun merupakan negeri kepulauan dengan keindahan bawah laut yang luar biasa. Karena itu, sayang sekali bila B’timers belum mengeksplor keindahan taman bawah laut di negeri sendiri.
 
Beberapa waktu lalu Breaktime sudah memberi tips snorkeling bagi pemula, kali ini akan dibahas beberapa tips memilih mask, snorkel, dan fin untuk rekan-rekan pecinta olahraga air:

 1. Mask yang baik adalah yang memberi Anda pandangan luas dan jernih saat berada di dalam air. Pilih masker skirt yang terbuat dari silikon dan sesuai dengan bentuk wajah.
 
 2. Ada beragam pilihan warna mask. Sesuaikan dengan warna favorit atau pilih warna terang yang kontras dengan air laut sehingga akan tampak eye catching saat difoto dalam air.
 
 3. Bercermin (bila ada) untuk memastikan posisi mask telah benar, tak ada celah antara masker skirt dan kulit wajah. Selain itu, periksa masker skirt antara hidung dan bibir untuk mencegah ketidaknyamanan saat bernapas dalam air.
 
 4. Snorkel yang baik adalah yang menggunakan bahan terkini dan elastis untuk membantu pernapasan saat menyelam.
 
 5. Periksa bagian mouth pieces dan pilih yang bisa diganti apabila Anda memiliki kebiasaan menggigit karet mouth pieces saat menyelam. 
 
 6. Fin yang baik adalah yang nyaman dipakai serta memiliki desain yang sesuai dengan bentuk dan ukuran kaki.
 
 7. Pilih sirip fin yang lebar dan kaku. Semakin lebar maka semakin baik digunakan di laut, sedangkan sirip fin yang kaku akan memberi tenaga dorong yang besar.
 
 8. Bila B’timers sudah memiliki kemampuan berenang di atas rata-rata sebaiknya pilih fin dengan model split, jika sebaliknya maka pilihlah fin dengan model paddle.
 
 9. Pilih fin yang tidak bisa ditekuk pada bagian ruang kaki. Ada fin yang bisa ditekuk pada ruang kaki (seperti menekuk sepatu lari), beberapa orang sering merasa sakit pada punggung telapak kaki bila menggunakan fin jenis ini.
 
 10. Pilih warna fin sesuai selera atau kontras dengan warna air laut, seperti warna kuning, oranye, atau pink. Pilihan warna fin yang eye catching akan menambah kepuasan dan rasa percaya diri saat berada di dalam air.
 
Ketika peralatan dasar snorkeling sudah B’timers miliki, maka aktivitas bawah air akan lebih leluasa, tak tergantung dengan lokasi dan harga sewa alat-alat tersebut di tiap destinasi. Dijamin Anda  pun makin termotivasi dan bersemangat untuk terus mengeksplor keindahan bawah laut Nusantara

Share This Article