10 Tips Lancar Puasa Saat Traveling Ramadhan | Breaktime
10 Tips Lancar Puasa Saat Traveling Ramadhan
07.06.2017

Ibadah puasa di bulan suci Ramadhan tentunya tidak menghalangi B'timers untuk tetap melakukan aktivitas perjalanan dan wisata.

Hanya saja, ada beberapa penyesuaian aktivitas yang perlu diperhatikan agar ibadah puasa tetap lancar dan nyaman selama melakukan perjalanan.

1. Pilih Destinasi Sejuk

Ramadhan tahun ini jatuh di bulan Mei dan Juni yang menjadi awal musim panas di berbagai negara dan musim kemarau di sebagian besar wilayah Indonesia. Pilih destinasi yang identik dengan nuansa sejuk agar puasa tetap nyaman dan lancar. Bandung, Danau Toba, Ubud, hingga Malang bisa menjadi pilihan destinasi wisata di bulan puasa tahun ini.

2. Destinasi Islami

Lombok yang terkenal dengan Pulau Seribu Masjid atau Aceh sebagai Serambi Mekah merupakan destinasi-destinasi pilihan saat bulan Ramadhan.

10 Tips Lancar Puasa Saat Traveling Ramadhan | Breaktime
Masjid Raya Al-Mashun, destinasi religi di Medan, Sumatera Utara

3. Kurangi Aktivitas Fisik

Ketika sedang berpuasa, tentunya niat mendaki gunung bisa ditunda dan diganti dengan kegiatan lain yang lebih ringan, seperti wisata kota, museum, dan sejarah. Kota-kota dengan banyak destinasi sejarah dan budaya seperti Surabaya, Jogja, dan Semarang bisa menjadi destinasi pilihan.

4. Atur Waktu

Apabila harus melakukan kegiatan yang cukup menguras fisik, usahakan dilakukan pada siang atau sore hari.Perbanyak minum air putih saat sahur agar tubuh tidak mengalami dehidrasi.

5. Pilih Makanan Bergizi

Melakukan aktivitas luar ruangan saat berpuasa tentunya membuat tubuh memerlukan asupan gizi dan vitamin yang cukup. Oleh karena itu, pilihlah makanan yang bergizi dan mendukung puasa saat buka dan sahur.

10 Tips Lancar Puasa Saat Traveling Ramadhan | Breaktime
Tugu Nol Kilometer di Pulau Weh menjadi pilihan alternatif wisata di bulan puasa

6. Camilan Untuk Berbuka

Mencari menu buka puasa di luar rumah alias ngabuburit sudah menjadi tradisi di Indonesia. Tak heran banyak tempat makan yang penuh sesak menjelang waktu buka. Oleh karena itu, tak ada salahnya membawa bekal camilan atau air putih untuk berbuka puasa saat di perjalanan.

7. Kegiatan di Masjid

Saat bulan puasa, banyak masjid-masjid besar yang menggelar acara buka bersama dan sahur. Tak hanya takjil gratis, masjid-masjid tersebut biasanya juga menggelar serangkaian kegiatan Islami seperti pengajian, tadarus, dan event religi lainnya.

Foto C

Lombok dengan penduduk mayoritas Muslim terkenal dengan pantai-pantai yang indah

8. Kedubes Indonesia

Apabila sedang berlibur di luar negeri, tak ada salahnya mencari alamat kedutaan besar Indonesia. Meskipun tidak rutin atau setiap hari, beberapa kegiatan seperti buka bersama dan bazar biasanya digelar Kedubes Indonesia di luar negeri selama bulan puasa.

9. Aplikasi Azan

Waktu azan Magrib di setiap kota bahkan negara tentunya berbeda. Dengan mengunduh aplikasi azan, tentunya kita tak perlu lagi mengira-ngira waktu berbuka. Aplikasi ini biasanya juga dilengkapi penunjuk arah kiblat dan waktu sholat.

10. Saling Menghormati

Bagi traveler yang tidak menjalankan ibadah puasa, tak ada salahnya untuk tetap menghormati yang berpuasa.Tak perlu ikut berpuasa seharian, tetapi cukup dengan tidak makan atau minum secara langsung di hadapan yang berpuasa. Berpakaian yang lebih tertutup juga salah satu cara menghormati mereka yang berpuasa.

Well, puasa tak jadi halangan untuk Anda yang memang hobi traveling. Justru Anda bisa beribadah dengan lebih bahagia, kan B’timers. (za)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE