Maskapai Low Cost Teraman Dunia, 1 Asia Tenggara | Breaktime
10 Maskapai Low Cost Teraman di Dunia, Satu di Asia Tenggara
10.06.2016

Salah satu cara menghemat biaya liburan adalah dengan memanfaatkan layanan maskapai berbiaya rendah alias low cost airline.

Traveler Indonesia pun bisa menikmati sejumlah maskapai berbiaya rendah untuk penerbangan destinasi domestik maupun internasional, khususnya kawasan Asia Tenggara.

Meskipun berbiaya rendah, namun tingkat keamanan dan keselamatan low cost airline tidak selalu lebih rendah dari maskapai full service. Situs AirlineRatings.com baru-baru ini telah memilih 10 maskapai penerbangan berbiaya rendah atau low cost airline paling aman di dunia.

Berikut daftar 10 maskapai berbiaya rendah paling aman di dunia berdasarkan penilaian AirlineRatings.com.

10. Aer Lingus

Maskapai berbiaya rendah asal Irlandia ini juga menerapkan fasilitas full service untuk penerbangan jarak jauh. Maskapai ini belum pernah mengalami kecelakaan fatal sejak tahun 1960-an.

9. Jet Blue

Maskapai ini sangat populer di kalangan masyarakat Amerika Serikat dan menjadi maskapai berbiaya rendah terbaik di Amerika utara dan selatan. Maskapai ini belum pernah mengalami kecelakaan yang fatal.

8. Jet Star

Maskapai yang berbasis di Melbourne ini merupakan salah satu anak perusahaan dari Qantas dan belum pernah mengalami kasus jatuh dalam sejarahnya. Traveler Indonesia bisa menikmati layanan Jet Star untuk penerbangan dari Bali, Jakarta, dan Surabaya. Maskapai ini juga mengembangkan sayapnya di Jet Star Pacific yang melayani beberapa rute di kawasan Hong Kong, Vietnam, Manila, dan Singapura.

Maskapai Low Cost Teraman Dunia, 1 Asia Tenggara | Breaktime
Jet Star yang merupakan maskapai Australia, anak perusahaan dari Qantas

7. Thomas Cook

Thomas Cook merupakan salah satu maskapai carter terbesar untuk berlibur yang berbasis di Manchester, Inggris. Maskapai yang juga melayani berbagai rute di Inggris ini belum memiliki sejarah pesawat jatuh.

6. TUI Fly

Maskapai ini adalah maskapai penerbangan dari Jerman khusus untuk carter liburan. TUI Fly juga belum pernah memiliki catatan sejarah kecelakaan sebelumnya.

5. Westjet

Westjet merupakan maskapai berbiaya rendah terbesar di Kanada. Maskapai ini memberi fasilitas hiburan di dalam pesawat yang berkualitas. Selain itu, tidak ada peristiwa pesawat jatuh dalam sejarahnya.

4. Flybe

Maskapai ini berdiri pada 1979 dan merupakan maskapai berbiaya rendah untuk rute regional yang berbasis di Inggris. Dalam sejarah maskapai ini, tidak ada peristiwa pesawat jatuh.

3. HK Express

Maskapai berbiaya rendah ini berbasis di Hongkong dan diluncurkan pada 2004 untuk melayani rute regional di kawasan China daratan. Pada 2011, maskapai ini melebarkan sayapnya hingga ke kawasan Asia Tenggara.

2. Volaris

Maskapai ini berdiri pada tahun 2005 dan merupakan maskapai penerbangan terbesar kedua di Meksiko. Dalam sejarah maskapai ini, tidak ada peristiwa pesawat jatuh.

1. Virgin America

Sejak beroperasi pada tahun 2007, tidak ada peristiwa pesawat jatuh dalam sejarah maskapai Amerika Serikat yang didirikan oleh Sir Richard Branson ini.

(ZA)

Share This Article