10 Kuliner Ekstrim Filipina Untuk Food Adventure | Breaktime
10 Kuliner Ekstrim Filipina Untuk “Food Adventure”
04.04.2017

Menikmati kuliner khas di suatu destinasi selalu menjadi pengalaman menarik dan menjadikan sebuah perjalanan tak terlupakan. Tidak terkecuali saat B'timers traveling ke Filipina.

Negara tetangga di Asia Tenggara ini terkenal dengan berbagai menu kuliner yang unik, lezat, dan kadang ekstrim. Pengaruh Spanyol dan budaya setempat sangat terasa di menu Filipina, baik nama maupun cita rasa.

Adobo

Bisa dibilang, adobo adalah hidangan paling terkenal di Filipina, juga disebut sebagai hidangan nasional tak resmi. Sesuai dengan nama adobar  yang berarti mengasinkan, bahan utama menu ini adalah daging ayam atau babi yang dimasak dengan cuka, kecap, lada hitam, bawang putih, dan daun salam.

10 Kuliner Ekstrim Filipina Untuk Food Adventure | Breaktime
Adobo, salah satu menu sarapan paling populer di Filipina

Sisig

Sisig adalah menu paling populer di Filipina, terbuat dari daging babi cincang (kepala, telinga, lemak perut atau paha) dan jerohan hati ayam. Sisig biasanya dimasak dengan jeruk nipis, cabe, dan telur ayam, nikmat disajikan panas. Di daerah selatan Filipina seperti Puerto Princesa, terdapat varian yang khas yaitu Crocodile Sisig yang berbahan dasar daging buaya.

Tapsilog

Tapsilog adalah singkatan dari tapa (daging sapi), sinangag (nasi goreng bumbu bawang putih), dan itlog (telur). Tapsilog biasanya disajikan pada saat sarapan dengan paduan lauk telur goreng khas Filipina.

10 Kuliner Ekstrim Filipina Untuk Food Adventure | Breaktime
Crocodile Sisig, varian dari sisig yang terbuat dari daging buaya

Pancit

Pancit (bihon atau bihun) adalah hidangan perpaduan Filipina dan Cina yang dibuat dengan bihun tumis, daging, dan sayuran. Ada beberapa jenis pancit dengan rasa yang berbeda dari berbagai daerah di Filipina.

Crispy pata

Crispy Pata terbuat dari kaki babi utuh yang direbus sampai empuk dan kemudian goreng sampai berwarna keemasan dan renyah. Crispy Pata terasa sangat renyah di luar dan lembab di dalam, salah satu bentuk kesukaan orang Filipina pada varian daging babi.

10 Kuliner Ekstrim Filipina Untuk Food Adventure | Breaktime
Semacam mie bihun yang biasa kita makan, di Filipina namanya Pancit

Chicharon bulaklak

Kuliner semacam ayam goreng dan biasa dikonsumsi sebagai menu pembuka. Chicharon bulaklak dengan tekstur renyah ini biasa dimakan dengan dicelupkan ke dalam cuka pedas dan sering dikonsumsi dengan minuman beralkohol.

Sinigang

Sinigang adalah sup dengan rasa asam yang gurih dan irisan daging ikan, ayam, udang, serta daging babi atau sapi. Sinigang merupakan menu tradisional di Filipina dan menjadi makanan pokok sehari-hari.

10 Kuliner Ekstrim Filipina Untuk Food Adventure | Breaktime
Soup daging babi yang biasa disajikan dengan kue beras khas Filipina

Bibingka

Bibingka adalah jenis kue beras tradisional yang terbuat dari galapong (beras ketan giling), santan, margarin, dangula. Pada proses pembuatannya, bibingka menggunakan panci yang terbuat dari tanah liat dan dibungkus daun pisang.

Puto dinuguan

Dinuguan adalah sejenis sup dengan bahan utama daging babi dan jeroan, biasanya paru-paru, ginjal, usus, jantung, telinga, dan moncong babi. Bahan-bahan ini direbus dengan bumbu-bumbu bawang putih, cabe, cuka, dan saus pekat yang terbuat dari darah babi. Dinuguan biasanya disajikan dengan puto atau kue beras khas Filipina.

10 Kuliner Ekstrim Filipina Untuk Food Adventure | Breaktime
Embrio bebek yang direbus ini adalah salah satu kuliner ekstrim paling populer di Filipina

Balut

Ini salah satu kuliner ekstrim di Filipina. Balut adalah embrio bebek yang direbus saat masih berada di dalam cangkang telur. Tidak semua orang Filipina suka balut, namun bagi B'timers yang gemar menu ekstrem, tak ada salahnya mencoba balut.

Jadi, apakah Anda berani mencicipi makanan-makanan khas yang mungkin hanya bisa Anda temukan di Filipina tersebut? (zul)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE