10 Hal Wajib Tahu Tentang “Ancillary Revenue” | Breaktime
10 Hal Wajib Tahu Tentang “Ancillary Revenue”
21.01.2017

Pernahkah B'timers melakukan booking tiket pesawat secara online dan mendapati begitu banyak pilihan menu tambahan yang bisa dipesan selain harga tiket rute yang dipilih?

Pilihan atau menu-menu tambahan yang bisa dipesan saat melakukan booking tiket pesawat secara online tersebut dinamakan ancillary revenue. Saat ini tak hanya maskapai berbiaya rendah (low cost airline) saja yang menawarkan ancillary revenue, tetapi juga maskapai full service.

Apa saja jenis-jenis ancillary revenue yang digunakan maskapai untuk menutupi tingginya biaya operasional dan menjaga harga tiket tetap kompetitif ini?

Bagasi

Fasilitas bagasi biasanya sudah termasuk dalam harga tiket maskapai full service. Namun untuk maskapai budget -khususnya penerbangan internasional- disediakan beberapa pilihan bagasi mulai 20 kg dengan harga bervariasi. Belilah bagasi secara online agar lebih hemat karena biasanya maskapai akan menerapkan harga lebih tinggi apabila membeli bagasi di bandara.

Makanan dan minuman

Maskapai full service sudah memasukkan makanan dan minuman dalam harga tiket. Maskapai berbiaya rendah menjual makanan dan minuman di atas pesawat. B'timers bisa memesannya pada saat booking online untuk mendapatkan harga lebih hemat.

10 Hal Wajib Tahu Tentang “Ancillary Revenue” | Breaktime
Untuk memilih window seat, penumpang bisa memesan pada saat booking online

Pilihan kursi

Ingin duduk di window seat atau kursi favorit? B'timers bisa meminta fasilitas ini secara gratis saat di counter check-in. Namun beberapa maskapai melakukan random check-in sehingga apabila ingin duduk di kursi favorit, B'timers harus membeli secara online.

Internet / Wifi On Board

Update status Instagram atau Twitter dari ketinggian 30 ribu kaki? B'timers bisa melakukannya dengan membeli fasilitas internet atau wifi di dalam pesawat. Fasilitas ini sangat membantu B'timers tetap terhubung dengan rekan atau keluarga meskipun sedang dalam penerbangan.

Souvenir dan merchandise lainnya

Biasanya maskapai juga menawarkan barang-barang eksklusif atau merchandise sebagai oleh-oleh atau kenangan agar perjalanan lebih berkesan.

10 Hal Wajib Tahu Tentang “Ancillary Revenue” | Breaktime
Gunakan fasilitas web-checkin agar tidak antre panjang di bandara

 Antrean prioritas

Fasilitas ini bisa dibeli saat booking online apabila B'timers tidak ingin berdesak-desakan saat antri masuk pesawat.

Perubahan reservasi

Dengan penambahan biaya tertentu, pelanggan bisa melakukan perubahan reservasi jam penerbangan. Sangat bermanfaat apabila tiba-tiba ada keperluan mendadak yang membuat B'timers harus mengganti jam atau hari penerbangan.

Inflight entertainment

Sejumlah inflight entertainment bisa dinikmati secara gratis pada maskapai full service, namun ada juga yang berbayar, tentunya dengan pengeluaran ekstra saat melakukan pemesanan.

Asuransi tambahan

Tiket pesawat lazimnya sudah termasuk asuransi keselamatan (asuransi jiwa). Namun maskapai juga menawarkan pilihan asuransi lainnya seperti keterlambatan penerbangan (delay), pembatalan, bagasi, dll.
 

Executive Lounge

Bosan menunggu waktu boarding di ruang tunggu yang ramai dan sesak? Manfaatkan fasilitas executive lounge untuk bersantai dan menikmati makanan atau minuman yang disediakan, tentunya dengan biaya yang berbeda untuk tiap maskapai. (za)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE