Hal Menarik Wajib Tahu Tentang Festival Songkran | Breaktime
10 Hal Menarik Wajib Tahu Tentang Festival Songkran
14.04.2016

Basah, basah, basah! B'timers yang berkunjung ke Thailand pada pertengahan bulan April ini dipastikan basah kuyup karena bertepatan dengan Festival Songkran.

Berikut 10 hal tentang Festival Songkran sebagai panduan atau persiapan sebelum B'timers traveling ke Negeri Gajah Putih bulan ini.

Apa itu Festival Songkran?

Festival Songkran atau lazim disebut songkran saja merupakan festival paling populer di Thailand. Songkran yang identik dengan festival perang air ini merupakan rangkaian perayaan tahun baru kalender Thailand.

Bagaimana Sejarah Songkran?

Secara singkat, budaya Songkran awalnya merupakan suatu upacara keagamaan Buddha dengan cara memercikkan air atau memandikan patung Buddha pada tahun baru. Ritual ini dimaksudkan untuk memberikan keberuntungan, kebahagiaan, dan kesejahteraan di tahun yang baru.

Hal Menarik Wajib Tahu Tentang Festival Songkran | Breaktime
Foam Party, salah satu hiburan menarik pada Festival Songkran

Kapan Songkran tahun ini?

Tahun ini, Songkran digelar pada tanggal 13 dan 14 April di Bangkok, Phuket, dan kota-kota besar lainnya. Di Thailand utara, Songkran biasanya dirayakan satu minggu penuh. Tahun ini Songkran di Bangkok dibatasi hanya dua hari karena Thailand sedang mengalami krisis air akibat kemarau panjang.

Di mana saja Songkran di Thailand?

Hampir semua wilayah di Thailand merayakan Songkran pada hari pertama dan kedua, terutama kota-kota yang menjadi tujuan wisata seperti Bangkok, Pattaya, Phuket, Ayuthaya, dan Chiang Mai.

Apakah aman traveling ke Thailand saat Songkran?

Sangat aman. Salah satu periode terbaik traveling ke Thailand adalah Songkran. B'timers bisa bergabung dengan ribuan warga lokal dan turis asing, berbaur menjadi satu dalam perang air terbesar di Asia Tenggara.

Hal Menarik Wajib Tahu Tentang Festival Songkran | Breaktime
Pada saat Songkran, polisi Thailand pun boleh disiram dengan air

Apa saja yang harus disiapkan saat Songkran?

Satu kata yang pasti pada saat Songkran: basah. Siapkan pelindung kamera, dompet, dan benda berharga lainnya. Akan lebih baik lagi bila membawa kamera tahan air. Gunakan pakaian yang tipis dengan bahan yang mudah kering. Satu lagi, jangan lupa untuk selalu membawa pistol air agar bisa ikut serta dalam pesta Songkran.

Adakah larangan dalam Songkran?

Tahun ini, pemerintah Thailand melarang penggunaan bedak dan membatasi konsumsi alkohol. Di area umum, anda boleh menyemprotkan air ke orang lain, anda pun juga harus siap basah kena semprot air. Bahkan polisi sekalipun boleh disiram air Songkran. Hanya saja, anda dilarang mengarahkan tembakan pistol Songkran ke arah Bhiksu atau bangunan suci umat Buddha.

Hal Menarik Wajib Tahu Tentang Festival Songkran | Breaktime
Pistol air bisa dengan mudah dibeli saat Festival Songkran, harganya sekitar 250 Baht

Akomodasi dan transportasi umum saat Songkran?

Karena merupakan hari libur nasional, beberapa transportasi umum seperti bis antar kota, kereta, dan taksi mengurangi armada mereka. Namun angkutan-angkutan tersebut masih beroperasi, meski dengan tarif yang lebih tinggi. BTS Skytrain di Bangkok pun tetap beroperasi seperti biasa.

Adakah penutupan tempat wisata atau mall?

Tempat-tempat wisata terkenal di Bangkok seperti Wat Pho, Wat Arun, dan Grand Palace tetap buka seperti biasa. Demikian pula pusat perbelanjaan seperti Siam Paragon, Pratunam, atau Chatuchak Weekend Market.

Tips lain seputar Songkran?

Saat Songkran, beberapa ruas jalan utama pasti ditutup, karena itu perkirakan rute dan waktu setiap kali akan keluar hotel. Pistol Songkran bisa dibeli mulai harga 200 Baht sekitar Rp 75 ribu. Apabila ingin membawa pistol Songkran sebagai oleh-oleh ke Indonesia, masukkan ke dalam bagasi karena pistol Songkran dilarang masuk ke dalam kabin pesawat terbang. (ZA)

Share This Article