Yuk, Mengenal Lebih Dalam Budaya Wakatobi! | Breaktime
Yuk, Mengenal Lebih Dalam Budaya Wakatobi!
20.06.2016

Anda tentu sering mendengar nama tersebut, kan, B’timers? Tapi sudah pernah berkunjung ke Wakatobi belum, nih? Pulau dengan sejuta keindahan laut di Indonesia bagian timur ini menjadi salah satu taman nasional paling indah di dunia, lho, B’timers. Dan ternyata Wakatobi tak hanya memiliki alam yang indah saja, karena Anda akan menemukan budaya yang cukup unik, lho!

Tradisi dan budaya yang sangat kental

Dan siapa yang akan menyangka, bahwa di kabupaten yang kita kenal sebagai salah satu destinasi wisata bahari ini juga menyimpan kekayaan budaya serta tradisi masyarakat yang unik, B’timers. Di setiap pulau masing-masing memiliki adat dan budaya yang beragam. Misalnya saja cara bercocok tanam, melaut hingga menghasilkan kerajinan tangan. Dan semuanya itu menjadi budaya yang melekat di Wakatobi.

Mengambil ajaran yang diberikan dari alam, Pulau Kaledupa memiliki kebiasaan menangkap ikan dengan cara tradisional yang diwariskan secara turun temurun, B’timers. Meskipun mereka mengandalkan hasil lautan, namun itu tidak lantas membuat masyarakatnya gelap mata dan mengambil seluruh kekayaan alam secara membabi buta, lho. Menurut mereka ini satu cara untuk menjaga kelestarian alam di bumi.

Yuk, Mengenal Lebih Dalam Budaya Wakatobi! | Breaktime
Seni bela diri khas Wakatobi, Mansaa yang diajarkan sejak dini

Kebudayaan jadi ajaran bernilai tinggi

Pulau Kaledupa sendiri mencatatkan dengan rapi dalam benak masyarakat mengenai luhurnya nilai-nilai budaya yang diberikan oleh nenek moyang. Karena itu mereka menjadikan budaya sebagai cerminan hidup, B’timers. Itulah alasan bagaimana Wakatobi memiliki kebudayaan yang unik untuk dinikmati oleh semua wisatawan yang datang berkunjung.

Berbagai kerajinan tangan, tarian, silat tradisional dan lainnya menjadi bukti kuat betapa Wakatobi memiliki ragam budaya yang tak kalah uniknya dengan daerah lain. Bagaimana mereka menghargai nilai budaya terbukti di Kaledupa terlihat banyaknya padepokan untuk mempelajari silat tradisional khas daerah mereka masing-masing, lho, B’timers.

Wow, kepribadian masyarakat Wakatobi ini patut ditiru, ya, B’timers? (NO)

Share This Article