Yuk, Cari Tahu Asal Usul Nama Kota Surabaya! | Breaktime
Yuk, Cari Tahu Asal Usul Nama Kota Surabaya!
13.09.2016

Surabaya yang merupakan ibukota Provinsi Jawa Timur dikenal sebagai Kota Pahlawan. Kota ini memiliki sejarah panjang hingga menjadi sebuah kota terbesar di Jawa Timur. Kota ini tidak tiba-tiba muncul dan memiliki nama Surabaya. Cerita asal usul nama Surabaya mungkin sering Anda dengar bahwa jaman dahulu terjadi pertempuran antara Ikan Suro dan Boyo (Buaya). Hal ini melambangkan perjuangan antara laut dan darat. Namun tahukah Anda bahwa ternyata ada versi-versi lain yang menyebutkan bagaimana asal usul nama Kota Surabaya.

Versi pertama, nama Surabaya awalnya adalah Churabaya yang tercantum dalam prasasti Trowulan I tahun 1358 Masehi. Selain itu, nama tersebut juga tercantum dalam Kitab Negarakertagama yang ditulis oleh Mpu Prapanca.

Versi kedua ini sangat berkaitan erat dengan perkelahian antara Adipati Jayengrono dan Sawunggaling. Setelah mengalahkan Tartar, Raden Wijaya mendirikan keratin di Ujung Galuh yang saat ini adalah kawasan Tanjung Perak. Adipati Jayengrono lah yang menjadi pemimpin keratin tersebut.

Yuk, Cari Tahu Asal Usul Nama Kota Surabaya! | Breaktime
Banyak versi tentang sejarah asal usul nama Surabaya

Adipati menjadi semakin sakti karena menguasai ilmu Buaya dan mengancam kedaulatan Majapahit. Akhirnya Raden Wijata mengutus Sawunggaling yang sudah lama mendalami ilmu Sura. Perkelahian ini berlangsung selama tujuh hari tujuh malam.

Versi ketiga adalah tentang Walikota Subaya Soeparno yang menetapkan tanggal 31 Mei 1293 menjadi hari jadi kota Surabaya. Penetapan ini berdasarkan kesepakatan sebuah kelompok sejarahwan bahwa nama Surabaya berasal dari sura ing bhaya yang berarti keberanian menghadapi bahaya.

Apapun asal usul nama Kota Surabaya mungkin hanya sejarah masa lampau yang bisa menjawab. Anda juga bebas ingin percaya pada versi yang mana. Yang jelas semoga Kota Surabaya menjadi kota yang semakin maju. (vpd)

Share This Article