Yuk, Berkenalan dengan Suku Tolaki dari Kendari! | Breaktime
Yuk, Berkenalan dengan Suku Tolaki dari Kendari!
01.09.2016

Keindahan Kendari mungkin sudah pernah Anda rasakan. Tapi pernahkah Anda berkenalan dengan Suku Tolaki yang mendiami tanah Kendari, B’timers? Nah, jika bertemu dengan orang Tolaki, Anda pasti akan mengira mereka adalah keturunan orang Vietman. Tak jarang wisatawan menyamakan mereka seperti orang Jepang karena cara bicaranya yang penuh semangat. Yuk, berkenalan dengan Suku Tolaki!

Yuk, Berkenalan dengan Suku Tolaki dari Kendari! | Breaktime
Rumah adat dan pakaian adat Kendari

Kehidupan Suku Tolaki di masa lalu

Menurut penelitian, Suku Tolaki ini dulunya tinggal di daerah pinggir-pinggir sungai berarus deras serta di sekitar hutan rimba. Sementara cara hidup mereka adalah dari membuat ladang yang masih terbilang nomaden atau berpindah-pindah, B’timers. Ketangguhan orang Tolaki terbukti dari kekuatan para lelaki yang mampu menebangi pepohonan hanya dengan peralatan sederhana, yaitu parang dan kapak.

Baru pada sekitar tahun 1930-an, mereka mengenal budaya bersawah. Ini karena orang-orang dari Suku Bugis datang dan menetap di daerah Mowewe, Kolaka Timur. Dan tidak hanya budaya tanam menanam saja yang mereka miliki, B’timers. Saat itu, para pria Suku Tolaki dikenal merupakan pemburu hewan liar yang cukup handal, lho.

Yuk, Berkenalan dengan Suku Tolaki dari Kendari! | Breaktime
Oleh-oleh tenun khas Tolaki

Kemiripan Suku Tolaki dengan Dayak

Penulis berkebangsaan Belanda mengungkapkan bahwa, budaya Tolaki memiliki kesamaan dengan Suku Dayak, B’timers. Well, budaya ini mungkin terdengar sedikit mengerikan. Suku Tolaki mengenal budaya mengayau atau memenggal kepala orang yang dianggap musuh sebagai alat ritual. Tapi tak perlu takut, karena saat ini budaya kejam tersebut sudah ditinggalkan, kok.

Untuk berkenalan dengan Suku Tolaki, Anda bisa menjelajahi pedalaman terpencil daerah mereka. Dan jika ingin merasakan kehidupan mereka, cobalah untuk menginap semalam, B’timers. (NO)

Share This Article