Xe Buyt 86, Bis dari Bandara Noi Bai ke Hanoi | Breaktime
Xe Buyt 86, Bis Baru dari Bandara Noi Bai ke Hanoi
23.05.2016

Apakah B'timers sedang merencanakan perjalanan ala backpacker ke Hanoi? Ibukota Vietnam ini merupakan salah satu destinasi favorit wisatawan asing di kawasan Asia Tenggara.

Bebas visa, biaya hidup murah, tersedia penerbangan maskapai budget, banyaknya pilihan penginapan kelas dormitory yang akrab bagi backpacker, serta kurs Rupiah yang lebih tinggi dari mata uang Vietnam (Dong) adalah beberapa alasan kenapa Hanoi layak menjadi destinasi pilihan B'timers yang merencanakan liburan ke luar negeri.

Untuk menuju Hanoi dengan pesawat terbang, B'timers akan turun di Noi Bai International Airport. Bandara yang memiliki dua terminal ini terletak sekitar 40 kilometer dari pusat kota Hanoi. Penerbangan domestik di Terminal 1, sementara penerbangan internasional di Terminal 2 yang baru dibuka tahun 2015 kemarin.

Xe Buyt 86, Bis dari Bandara Noi Bai ke Hanoi | Breaktime
Banner bis dari bandara Noibai menuju kota Hanoi

Ada beberapa cara menuju Hanoi dari bandara Noi Bai, di antaranya dengan mobil antar jemput, taksi, dan bis kota. Bagi traveler yang sering pergi ala backpacker, bis kota adalah pilihan terbaik. Dalam bahasa Vietnam, bis disebut sebagai xe buyt.

Awal Mei ini Hanoi Transport Corporation (Transerco) meluncurkan jalur baru yang melayani rute Bandara Noi Bai menuju pusat kota Hanoi. Dua bulan sebelumnya, layanan serupa juga diluncurkan di Bandara Ho Chi Minh City.

Tarif bus bernomor 86 ini adalah 30.000 VND atau sekitar RP 17.500 per orang sekali jalan. Adapun rute yang ditempuh adalah dari Bandara Noi Bai menuju Stasiun Hanoi di Le Duan Street, Old Quarter.

Xe Buyt 86, Bis dari Bandara Noi Bai ke Hanoi | Breaktime
Penampakan bis baru yang beroperasi dari Bandara Noibai

Bis buatan Korea Selatan ini menempuh perjalanan sekitar 45 menit untuk setiap kali jalan, dengan beberapa pemberhentian seperti di Hoan Kiem Lake dan Terminal Bis Long Bien. Kedua lokasi ini cukup akrab di kalangan traveler karena relatif dekat dengan kawasan hotel dan pusat belanja di Old Quarter.

Selain masih baru, bersih, nyaman, full AC, dan tersedia Wi-fi gratis yang cukup kencang, petugas di bis ini juga dibekali kemampuan Bahasa Inggris, sehingga wisatawan asing bisa bertanya seputar lokasi hotel dan informasi lainnya tanpa khawatir kendala bahasa.

Xe Buyt 86, Bis dari Bandara Noi Bai ke Hanoi | Breaktime
Karcis bis dari Bandara Noibai menuju kota Hanoi, hanya 30 ribu VND

Bis ini berangkat paling pagi dari Stasiun Hanoi pada jam 5.00 dan paling jam 21.40. Sementara dari bandara, keberangkatan bis paling pagi adalah jam 6.18 dan paling malam jam 22.58.

Dalam sekali perjalanan, bis ini bisa memuat sampai 70 orang dan dilengkapi kursi khusus untuk wanita hamil, orang berusia lanjut, anak-anak, dan orang dengan kemampuan terbatas. Petugas bis dengan senang hati akan membantu anda mengangkat dan menempatkan koper di dalam bis.

Xe Buyt 86, Bis dari Bandara Noi Bai ke Hanoi | Breaktime
Suasana di dalam bis yang nyaman, bersih, dan full AC

Selain bis nomor 86 ini B'timers juga bisa menggunakan bis kota nomor 17 yang berhenti di luar area kedatangan Terminal 1. Tarifnya 9000 VND atau sekitar Rp 5.000 untuk sekali jalan dengan tujuan akhir juga di terminal Long Bien.

Meski ongkosnya lebih murah, bis kota nomor 17 ini menempuh waktu perjalanan lebih lama karena lewat kawasan tengah kota, sehingga lebih sering berhenti di tiap bus stop. Sementara bis nomor 86 langsung lewat jalan tol dan jalan layang baru di atas Red River Hanoi. (ZA)

Share This Article