Wow, Ada Mumi Buddha Berlapis Emas di China! | Breaktime
Wow, Ada Mumi Buddha Berlapis Emas di China!
10.05.2016

Apa yang Anda bayangkan jika mendengar kata mumi, B’timers? Jasad berusia ribuan tahun yang diawetkan dan disimpan dalam peti. Di China Anda akan mendapatkan mumi mewah berlapis logam mulia, lho. Hal tersebut dimaksudkan untuk memperlihatkan bentuk penghormatan terhadap pengabdian sang biksu pada agama Buddha serta sebagai inspirasi bagi para pengikut agama tersebut.

Sesuai dengan keinginan terakhirnya, biksu Buddha Fu Hou ingin tubuhnya dijadikan mumi setelah kematiannya pada tahun 2012. Setelah mengabdikan sebagian besar hidupnya di Kuil Choanzhou, di tenggara China, Li Ren, sang kepala biara kuil, memutuskan membuat mumi Fu Hou lebih spesial dengan mengubahnya menjadi patung berlapiskan emas, B’timers.

Wow, Ada Mumi Buddha Berlapis Emas di China! | Breaktime
Pertama tubuh mumi dibersihkan dan diberi lapisan kain kasa

Lahir pada tahun 1919, Fu Hou memutuskan mulai berlatih Buddhisme pada usia 13 tahun. Dan sejak itu beliau mengabdikan seluruh hidupnya sampai kematian menjemput di usia 94. Rekan-rekan dan murid-muridnya mengenang sosok Fu Hou sebagai seorang yang tenang, penuh kasih, tekun berlatih serta cermat pada keyakinannya.

Beberapa saat sebelum kematiannya, Fu Hou menyatakan keinginan agar tubuhnya dipertahankan. Dan dua ahli mumifikasi dipanggil pihak biara kuil untuk mencuci, merawat dan menempatkan jasadnya di posisi duduk dalam sebuah guci tembikar besar. Pengawet alami dari arang dan cendana yang dihancurkan dimasukkan ke dalam botol, sebelum dimasukkan dalam bejana tersebut.

Wow, Ada Mumi Buddha Berlapis Emas di China! | Breaktime
Tahap penyempurnaan sebelum mumi dipamerkan di aula Kuil Dongdan

Empat tahun setelah proses mumifikasi, tepatnya bulan Januari tahun 2016 lalu, tutup bejana dibuka dalam upacara khusus. Dan tubuh Fo Hou ditemukan masih utuh tanpa adanya tanda kerusakan, kecuali kulitnya yang mengering, B’timers. Hal tersebut dianggap sebagai tanda dari kemurnian Fu Hou. Karena mereka meyakini, seorang biksu yang benar-benar saleh akan tetap utuh lama setelan mumifikasi.

Tubuh biarawan tersebut pun dicuci, ditutupi lapisan kain kasa dan lacquer. Baru kemudian ditutupi lapisan emas. Pada akhirnya, patung emas manusia ditempatkan dalam ruang kaca di aula leluhur Kuil Dongdan, serta terlindungi dengan sistem anti-pencurian. Jika Anda berlibur ke China, sempatkan berkunjung ke Kuil Dongdan untuk menikmati keindahan mumi berlapis emas, ya, B’timers! (NO)

Share This Article