Wisata Angker di Kota Yogyakarta, Berani Tidak? | Breaktime
Wisata Angker di Kota Yogyakarta, Berani Tidak?
08.09.2017

B’timers tidak mungkin merasa asing kalau mendengar wisata kota Yogyakarta. Yap, sebuah kota sekaligus provinsi di Jawa Tengah ini sudah sangat terkenal karena kekayaan budaya dan sejarahnya. Saking unik daya tarik yang dimilikinya, Yogyakarta punya nilai orisinal yang tidak bisa, nih, ditiru oleh kota-kota lain yang ada di Indonesia.

Tapi, di balik keunikan Yogyakarta,  ada juga tempat-tempat yang menyimpan misteri dan mitos menyeramkan. Memang ada beberapa tempat “seram” yang sudah famous di sana, seperti Goa Jepang, Keraton Yogyakarta, Pantai Parangkusumo. Gunung Merapi. Tapi sebenarnya masih ada spot-spot lain yang bisa dikunjungi oleh para penjelajah wisata mistis. Di mana saja itu?

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Orang Cina Identik dengan Gila Kerja, Kenapa Ya?

Oh ya, pastikan Anda membaca ini di siang hari atau setidaknya ada orang lain yang menemani, ya. Nah, kita ke tempat yang pertama sekarang. Ada Panggung Krapyak atau yang juga sering disebut dengan Kandang Menjangan, letaknya berada di bagian selatan Plengkung Gading. Umur bangunan kuno ini sudah mencapai sekitar 250 tahun.

Wisata Angker di Kota Yogyakarta, Berani Tidak? | Breaktime
Wisata kota Yogyakarta, Panggung Krapyak (cr. hype.idntimes.com)

Dulu, tempat ini adalah hutan belantara yang jadi tempat favorit untuk berburu oleh kerabat keraton. Di tahun 1613, konon, ada seorang kerabat keraton yang diseruduk kijang sampai meninggal. Akhirnya, benteng ini dibangun untuk memperingati beliau, dan juga dijadikan sebagai tempat yang aman untuk melakukan pengintaian hewan buruan.

Pernah satu kali mendapat renovasi dengan adanya penambahan  jeruji besi serta pagar pintu, tempat ini semakin memiliki kesan mistis yang begitu terasa. Ada juga, nih, cerita seram yang beredar. Pernah ada mahasiswa Jogja yang naik motor malam-malam lewat sana, dan menyoroti sekelebat sesuatu dari celah pintu dan jendela.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Sosok Wanita Indonesia, Pelatih Skydiving Dunia

Saat didekati dan dilihat, ternyata ada wanita berbaju putih yang berdiri terbalik dan rambut panjangnya terjuntai ke bawah. Hii, seram. Wisata kota Yogyakarta yang penuh keseraman tidak berhenti sampai di situ saja, B’timers. Masih seputar tempat kuno yang menyimpan nilai mistis, yaitu Rumah Kentang Kota Baru. Mungkin Anda pernah dengar?

Wisata Angker di Kota Yogyakarta, Berani Tidak? | Breaktime
Wisata kota Yogyakarta, Rumah Kentang (cr. hype.idntimes.com)

Nah, memang tempat ini adalah sebuah rumah kuno yang berlokasi di seberang SMA Stella Duce 1. Sekarang, tempat ini sudah digunakan untuk bangunan kantor BTN. Tapi, di sini dulu memang dikenal angker karena rumah ini tak ada penghuninya. Konon, kita pun sesekali bisa mencium aroma kentang di sini, yang diyakini sebagai pertanda adanya genderuwo. Ngeri banget, ya.

Betul, di tempat-tempat bersejarah memang selalu saja tersimpan cerita seram, meski hanya sekelumit. Seperti di destinasi kita berikutnya, ada Benteng Vrederburg yang merupakan peninggalan zaman penjajahan Belanda. Bangunan kuno ini juga menjadi salah satu tujuan wisata yang sangat ramai pengunjung, baik  wisatawan Yogyakarta maupun dari luar kota.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Wisata Ke Yogyakarta? Kesini Yuk!

Ada kisah yang bikin merinding di sini. Konon, waktu digelar pameran lukisan Festival Kesenian Yogyakarta (FKY), ketika dini hari, tiba-tiba saja ada satu kompi pasukan Belanda datang dan mereka berderap masuk sampai-sampai membuat penjaga stand yang ada di sana lari untuk kabur. Tak hanya itu, konon juga ada hantu Noni Belanda yang tubuhnya separuh kuda dan sering tiba-tiba menakuti warga yang tinggalnya di dekat benteng tersebut.

Wisata Angker di Kota Yogyakarta, Berani Tidak? | Breaktime
Wisata kota Yogyakarta, Benteng Vredeburg (cr. wikimedia.org)

Itu tadi beberapa wisata kota Yogyakarta yang menyimpan kisah mistis. Tidak cuma bikin bulu kuduk berdiri, tapi bisa-bisa kalau kita ke sana akan kabur dan lari. Pokoknya, pastikan B’timers memang mencari adrenaline rush dari wisata seram, nih, jadi ada cerita berkesan untuk dibawa pulang. (md)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE