Wayang Sukuraga, Wayang Unik dengan Cerita Khas | Breaktime
Wayang Sukuraga, Wayang Unik dengan Cerita Khas
10.08.2016

Cerita wayang mana yang paling Anda sukai, B’timers? Nah, Indonesia dengan kekayaan budayanya, ada satu kesenian unik dari Jawa yang sangat menarik, lho. Namanya Wayang Sukuraga, B’timers. Bayangan boneka ini baru mulai dipertunjukkan pada masyarakat umum sejak tahun 1997, sih. Dengan cerita yang unik dan khas, Anda wajib mengenal Wahang Sukuraga lebih dekat, nih, B’timers!

Wayang Sukuraga, Wayang Unik dengan Cerita Khas | Breaktime
Semua anggota badan manusia menjadi tokohnya

Berbeda dengan wayang lain pada umumnya

Tak seperti cerita wayang seperti Ramayana maupun Mahabaratha, Wayang Sukuraga punya daya tarik tersendiri. Ini karena tokoh pewayangan yang satu ini mengambil inspirasi dari anggota badan manusia, B’timers. Ya, mulut, telinga hingga tangan. Karena itu Wayang Sukuraga lebih banyak bercerita tentang konflik manusia secara internal.

Wayang Sukuraga merupakan seni pertunjukan yang lahir dari daya kreativitas Fendy Sukuraga. Diiringi dengan paduan musik etnis dengan modern, kesenian ini akhirnya sempurna setelah menunggu selama 9 tahun, dari 1987. Untuk apa waktu selama itu, ya? Effendi, panggilan akrabnya membutuhkan waktu untuk menggali setiap anggota badan manusia menjadi tokoh yang utuh.

Wayang Sukuraga, Wayang Unik dengan Cerita Khas | Breaktime
Ini dia pertunjukan Wayang Sukuraga yang unik

Wayang media kulit nan unik dengan cerita khas

Seperti wayang kebanyakan, Wayang Sukuraga ini juga menggunakan media kulit, B’timers. Alasan dari sang pencipta, ini merupakan penyatuan esensi, karena pada umumnya manusia lebih senang pada kulit atau penampilan luarnya saja. Wayang Sukuraga merupakan kesenian yang fleksibel, B’timers. Itulah sebabnya wayang ini bisa dipadukan dengan berbagai jenis aliran musik.

Dengan mengangkat jalan cerita yang unik, Effendi memiliki maksud untuk memberikan banyak ajaran mengenai konflik batin yang biasanya dialami manusia, B’timers. Wow! Apa Anda tertarik menyaksikan pertunjukan Wayang Sukuraga ini, B’timers? Selain unik, ada banyak pelajaran berharga yang bisa kita dapatkan. (NO) 

Share This Article