Warisan Budaya di Tanah Jawa yang Berbau Mistis | Breaktime
Warisan Budaya di Tanah Jawa yang Berbau Mistis
28.07.2016

Indonesia memang memiliki banyak seni tradisional yang menarik, ya, B’timers? Diajarkan secara turun-temurun oleh nenek moyang, hingga kini tradisi tersebut masih bertahan di tengah gempuran budaya modern, lho. Dari sekian banyak budaya yang melekat di masyarakat, ada beberapa yang dikenal karena kemistisannya. Salah satunya adalah budaya Jawa. Penasaran, B’timers?

Kesenian Tari Ronggeng

Berasal dari Jawa Barat, Tari Ronggeng disebut menyimpan sisi mistis, karena digunakan dengan maksud untuk balas dendam dan erat kaitannya dengan kematian. Berdasarkan legenda, seorang puteri yang ditinggal mati kekasihnya, mengungkapkan kesedihan dalam lagu menyayat.

Warisan Budaya di Tanah Jawa yang Berbau Mistis | Breaktime
Dipercaya mereka mendapat kekuatan magis

Kesenian Debus

Atraksi berbahaya yang dilakukan pemain debus mebuatnya dikenal sebagai orang dengan tubuh yang kebal. Untuk melakukan pertunjukkan ini, mereka meminta bantuan makhluk halus. Tak mengherankan kesenian ini menjadi satu warisan budaya yang sangat erat dengan kisah mistis.

Kesenian Kuda Lumping

Cerita kepahlawanan di balik Kesenian Kuda Lumping pun tak lepas dari hal mistis. Tidak jauh berbeda dengan Kesenian Debus, di kesenian ini penarinya akan mengalami kesurupan. Seperti ceritanya, dalam tarian kuda lumping, mereka pun akan begulat dan bertarung di dalam lumpur.

Warisan Budaya di Tanah Jawa yang Berbau Mistis | Breaktime
Biasanya Reog Ponorogo digelas pada acara khusus

Kesenian Reog Ponorogo

Ya, Anda benar, kesenian ini berasal dari Ponorogo. Dan menjadi salah satu warisan budaya yang paling mistis di Indonesia. Biasanya Reog Ponorogo dipentaskan ketika ada upacara adat. Ada adegan di tarian yang menggambarkan tokoh utama mendapatkan kekuatan dari makhluk gaib.

Kesenian Tari Sintren

Tarian tradisionan masyarakat di pesisir utara Pulau Jawa berawal mula dari kisah cinta Sulasih dengan Sulandono, B’timers. Sintren yang diperankan seorang gadis mengundang roh Dewi Lanjar untuk masuk ke dalam tubuh, karena sang gadis ingin kecantikan dan bisa menari dengan mempesona.

Di balik keindahan tradisi yang ada di tanah Jawa, ternyata tersimpan cerita mistis, ya, B’timers? (NO)

Share This Article