Negara ini Punya Ketergantungan Alkohol, lho! | Breaktime
Wah, Negara ini Punya Ketergantungan Alkohol, lho!
17.05.2016

Negara mana yang menurut Anda paling ketergantungan minuman beralkohol, B’timers? Jerman karena Oktoberfest-nya, atau malah Inggris yang memiliki masalah minuman keras. Well, menurut sebuah laporan yang dirilis oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), masyarakat Inggris memang merupakan salah satu peminum paling produktif di dunia, B’timers.

Inggris tidak berada di posisi pertama

Eropa adalah wilayah dengan konsumsi tertinggi alkohol per orangnya, B’timers. Tak heran 10 peringkat pertama ada di negara-negara Eropa. Namun ternyata, rata-rata orang Inggris berusia 15 tahun, mereka mengonsumsi 11,6 liter alkohol murni per tahunnya.

Angka yang dimiliki Inggris dilaporkan masih jauh lebih rendah dibandingkan dengan Belarus yang menempati posisi teratas, B’timers. Masyarakat Belarus rata-rata meminum 17,5 alkohol murni per tahun, diikuti oleh Republik Moldova dengan angka 16,8 liter.

Negara ini Punya Ketergantungan Alkohol, lho! | Breaktime
Vodka merupakan favorit masyarakat Eropa, khususnya Rusia

Bagaimana dengan negara di Amerika?

Dan negara di benua lain, seperti Australia memiliki angka yang lebih rendah dibandingkan dengan negara Eropa. Seperti Kanada, tingkat konsumsi alkohol di benua Kangguru rata-rata orang minum 12,2 dan 10,2 liter saja.

Yang mengejutkan, di Amerika Serikat angka tersebut malah lebih rendah di 9,2 liter, lho, B’timers. Dan tidak sedikit negara yang memiliki angka konsumsi minuman alkohol di bawah 5 liter per tahunnya. Afrika Utara dan negara Timur Tengah angka rata-ratanya bahkan kurang dari 2,5 liter.

Negara ini Punya Ketergantungan Alkohol, lho! | Breaktime
Semakin lama wine disimpan, semakin harum dan nikmat, juga mahal

Peringatan WHO tentang konsumsi alkohol

Meskipun WHO telah memperingatkan bahwa konsumsi alkohol dapat meningkatkan risiko lebih dari 200 penyakit, termasuk sirosis hati dan beberapa jenis kanker. Tapi nyatanya banyak negara di dunia yang menjadikan alkohol bagian dari tradisi yang harus dilestarikan, lho.

Laporan lain menunjukkan bahwa persentase kematian pria dan wanita yang mengonsumsi alkohol di atas 5 persen, B’timers. Yang cukup mengerikan adanya zat berbahaya yang ditambahkan dalam minuman beralkohol. Dan biasanya rawan pada festival alkohol atau pesta minuman.

Well, yang namanya tradisi memang harus dijaga kelestariannya, ya, B’timers. Namun, yang perlu diingat adalah, apapun yang berlebihan itu tidak akan baik bagi kesehatan Anda. Nah, jika festival minuman beralkohol yang ada di dunia menarik perhatian Anda untuk datang ke sana dan bersenang-senang, itu tidak masalah, kok. Just enjoy the party! (NO)

Share This Article