Vlog Jokowi Buat Mandalika Jadi Magnet Lombok | Breaktime
Vlog Jokowi Buat Mandalika Jadi Magnet Baru Lombok
01.11.2017

Lombok tak hanya Senggigi dan Gili Trawangan. Pulau di provinsi Nusa Tenggara Barat ini sekarang punya ikon wisata baru, yaitu Mandalika. Akhir Oktober ini, Mandalika diresmikan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) oleh Presiden Jokowi. Untuk mempromosikan Mandalika, Presiden bahkan mengunggah video keindahan pemandangan di pantai ini.

KEK Mandalika yang termasuk dalam 10 destinasi wisata prioritas nasional ini memiliki daya tarik berupa pantai sepanjang 14,6 km yang membentang dari barat hingga ujung timur Pantai Tanjung Aan dengan keunikan pasir putih menyerupai biji merica.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Kondisi Keluarga Steve Irwin Setelah 11 Tahun Tiada

Akses menuju Mandalika pun sangat mudah karena telah dibangun akses jalan yang berjarak 30 menit dari Lombok International Airport. Dalam perjalanan menuju Mandalika, wisatawan juga bisa singgah di Desa Adat Sasak Sade, yaitu desa adat Suku Sasak yang diyakini sebagai penduduk asli Pulau Lombok.

Vlog Jokowi Buat Mandalika Jadi Magnet Lombok | Breaktime
Pantai Kuta di Lombok banyak menjadi incaran wisatawan penggemar surfing

Di sisi timur KEK Mandalika terdapat Pantai Kuta, nama yang sama persis dengan pantai di Bali. Selain memiliki pasir putih yang bersih, pantai ini juga menjadi lokasi favorit wisatawan asing, terutama penggemar surfing, karena dikenal memiliki ombak yang cocok untuk surfing.

Bergeser sedikit ke timur dari Pantai Kuta terdapat Pantai Mandalika yang berdampingan dengan Pantai Seger. Di Pantai ini terapat monumen Putri Mandalika yang dipercaya oleh masyarakat setempat sebagai lokasi legenda Putri Mandalika berubah menjadi Bau Nyale atau cacing laut.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Menikmati Mekarnya Sakura Dengan Cara Ini!

Menurut legenda setempat, pada jaman dahulu ada seorang putri raja yang terkenal dengan parasnya yang cantik dan sifat penolong pada warganya. Saat dewasa, banyak pemuda dan pangeran yang jatuh cinta pada sang putri.

Vlog Jokowi Buat Mandalika Jadi Magnet Lombok | Breaktime
Panorama pantai Mandalika dilihat dari atas Bukit Marese

Ketika banyak pangeran datang untuk mempersunting sang putri, ia bersemedi dan akhirnya mengambil keputusan untuk menjatuhkan diri ke laut karena tak ingin ada perpecahan yang menyengsarakan warganya. Setelah jatuh ke laut dan hilang ditelan ombak, kemudian muncul banyak cacing laut (nyale) yang dipercaya sebagai perwujudan dari sang putri.

Hingga kini, kisah Putri Mandalika tersebut diabadikan pada Festival Bau Nyale, saat warga pergi berbondong-bondong ke pantai untuk menangkap nyale atau cacing laut. Festival ini biasanya digelar pada akhir musim hujan, sekitar bulan Februari dan Maret.

Vlog Jokowi Buat Mandalika Jadi Magnet Lombok | Breaktime
Menyeberang dengan perahu dari Pantai Aan untuk menuju Pantai Batu Payung
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Terkuaknya Konspirasi Sejarah Sumpah Pemuda

Bukit Marese yang berada di sebelah timur Pantai Mandalika merupakan lokasi yang tepat untuk menikmati sunset. Bergeser sedikit ke timur ada Pantai Tanjung Aan yang sangat populer di kalangan wisatawan domestik. Di pantai ini wisatawan bisa sewa perahu untuk menuju Pantai Batu Payung, dengan pemandangan batu karang tinggi besar menyerupai jamur atau payung. 

Untuk akomodasi, saat ini sudah banyak tersedia homestay dan hotel di kawasan Pantai Kuta. Di sekitar Mandalika kini terus dilakukan pembangunan resort dan hotel berbintang, di antaranya Pullman, Clubmed, Royal Tulip, dan Paramount yang akan dibuka pada tahun 2019.

Dengan banyaknya fasilitas baru dan destinasi wisata pantai, KEK Mandalika layak dijadikan destinasi wajib saat B'timers berlibur ke Pulau Lombok.



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE