Usir Roh Jahat Dengan Kopi Hanya Di Ethiopia! | Breaktime
Usir Roh Jahat Dengan Kopi Hanya Di Ethiopia!
28.07.2017

Para peminum kopi jelas merasa sangat bahagia dengan adanya studi baru yang menyebut bahwa kopi bisa membuat umur lebih panjang. Minum kopi dengan porsi dan takaran yang pas mampu menurunkan risiko terserang berbagai penyakit seperti stroke, jantung, hingga kanker. Bukan hanya manfaatnya yang menjadi alasan seseorang menjadi begitu suka menyeduh kopi.

Aroma kopi murni juga menjadi salah satu alasan coffee lovers. Setiap negara memiliki jenis kopinya masing-masing dengan cita rasa yang khas. Faktor lain yang membuat kopi begitu nikmat adalah suhu air yang digunakan dan teknik roasting yang tepat.

Kalau B’timers benar-benar coffee lovers pasti tahu jenis-jenis kopi dari berbagai negara di dunia. Tapi, apakah Anda sudah mengenal kopi asal Ethiopia? Ternyata, banyak yang sepakat bahwa kopi pertama ditemukan di salah satu negara di Afrika ini. 

Usir Roh Jahat Dengan Kopi Hanya Di Ethiopia! | Breaktime
Harar jadi penghasil kopi paling terkenal (minumkopi.com)
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Ada Apa Dengan Rumah Adat Krong Bade Aceh?

Tanaman kopi yang diusahakan di Ethiopia pada tahun 1600an masih bersifat liar. Masih belum ditanam di perkebunan tertentu. Kemudian pada tahun 1800an, ketertarikan kopi-kopi Ethiopia kembali muncul. Hingga di tahun 1900an, two grades kopi Ethiopia mulai terkenal, yaitu Harari yang dibudidayakan di kota Harrar dan Abyssinia yang tumbuh secara liar. Perbedaannya hanya dari cara tumbuh. Itulah mengapa Harari jadi yang paling diminati karena kualitasnya yang mengagumkan.

Pada umumnya, karakter kopi-kopi Ethiopia memiliki rasa yang beragam, mulai dari cytrus, seperti jeruk bergamot dan floral hingga yang rasanya seperti buah manis dan buah-buah tropis. Kopi yang diolah dengan proses basah umumnya punya karakter rasa yang elegan dan kompleks. Sedangkan untuk kopi yang diolah dengan proses natural akan terasa lebih fruity.

Kopi Ethiopia tumbuh di beberapa tempat dengan ketinggian daratan yang beragam, antara lain Limu, Jima, Harrar, dan Yirgacheffe. Hal ini jadi sangat berpengaruh pada kebudayaannya. Ethiopia yang merupakan negara kelahiran kopi memiliki upacara minum kopi. Tak hanya jadi negara kelahiran kopi, nama coffee juga berasal dari sana, yaitu dari nama sebuah kota dimana bunga kopi pertama kali ditemukan, yaitu Kaffa. Ka berarti seorang dewa dan afa adalah bumi dan seluruh tanaman yang tumbuh di atasnya.

Usir Roh Jahat Dengan Kopi Hanya Di Ethiopia! | Breaktime
Tradisi minum kopi di Ethiopia (majalah.ottencoffee.co.id)
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Terkuak, Gunung Arjuna Pernah Tembus Kahyangan!

Tradisi minum kopi di Ethiopia disebut dengan Buna Tetu yang artinya memang minum kopi. Persiapannya saja membutuhkan waktu tiga jam dan dilakukan setiap tiga kali sehari. Upacara ini dilakukan oleh seorang perempuan dan dimulai dengan ritual untuk mengusir roh jahat. Persiapan yang lama dilakukan karena ada banyak langkah. Mulai dari menyangrai biji kopi mentah, kemudian menggiling kopi hingga siap diseduh.

Tak hanya Ethiopia, ada empat negara lagi yang ternyata juga punya tradisi minum kopi unik. Swedia salah satunya. Meski bukan negara penghasil kopi, namun waktu minum kopi di negara ini jadi rutinitas di hari-hari kerja. Tradisi Fika memberikan kesempatan pada para pekerja untuk mengobrol sambil mengudap kue-kue manis. Desain kedai kopi di sana pun nggak jauh-jauh dari konsep Fika. Jadi sangat nikmat untuk dijadikan waktu bersantai, kopi darat, dan menyeduh kopi.

Selain Fika, Merienda juga jadi tradisi minum kopi yang terkenal. Tradisi ini dilakukan oleh beberapa negara Amerika Latin. Waktu makan siang dan malam akan dipakai untuk menyeduh kopi. Kalau di Argentina, tradisi ini dilakukan dengan menyeduh kopi dengan susu dan croissant. 

Usir Roh Jahat Dengan Kopi Hanya Di Ethiopia! | Breaktime
Tradisi Merienda di Amerika Latin (majalah.ottencoffee.co.id)
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Mengulik 5 Kisah Legenda Daerah Asli Indonesia

Austria dan Jerman juga punya tradisi minum kopi yang namanya Gabelfrühstück yang artinya sarapan kedua. Ini dilakukan antara pukul 10 dan 11 pagi. Mereka akan membuat secangkir kopi setelah sarapan pertama dan makan kue sebagai temannya.

Tradisi yang terakhir berasal dari Selandia Baru, yaitu Smoko. Para pekerja di sana mendapatkan hak untuk istirahat pagi dan siang. Nah, jeda istirahat itulah yang disebut Smoko. Itu merupakan waktu menyesap kopi dan ditemani dengan rokok.

Menarik sekali, kan coffee lovers? Lima negara ini begitu mencintai dan menghargai kopi, khususnya Ethiopia. Kalau B’timers sendiri punya ritual khusus nggak untuk menikmati secangkir kopi? (vpd)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE