Upacara Ngaben Memegang Bhineka Tunggal Ika | Breaktime
Upacara Ngaben Masih Memegang Bhineka Tunggal Ika
05.05.2017

FUN FACT QUESTION

Jawaban Kamu Benar

Upacara ngaben bermakna Bhineka Tunggal Ika



Bali tak hanya asyik karena destinasinya, tapi juga agama, budaya, dan tradisi yang menjadi magnet tersendiri untuk selalu kembali ke sana. Salah satu yang paling banyak diburu oleh pelancong dan pecinta fotografi adalah Upacara Ngaben yang merupakan upacara kematian untuk membakar mayat. Menariknya, upacara ini memiliki banyak tahapan. Persiapannya pun juga harus matang sejak satu minggu sebelum pembakaran.

Saat upacara dilakukan pun akan dihadiri oleh ribuan orang dari berbagai desa. Saat Upacara Ngaben, Anda akan melihat bukti nyata gotong royong yang saat ini sudah hampir punah. Asal B’timers ketahui, semua orang yang datang itu secara sukarela dan tidak dibayar.

Di tanah para dewata memang masih bisa menyaksikan spirit gotong royong yang dulu pernah membangun Nusantara. Bahkan ketika tempat jenazah diangkat dan dibawa ke kuburan tempat Ngaben, Anda bisa mendengar nyanyian dalam bahasa Sansekerta dan nada rebana yang mengiringi alunan ayat suci Al-Quran. 

Upacara Ngaben Memegang Bhineka Tunggal Ika | Breaktime
Upacara Ngaben (kratonpedia.com)

Baca juga : FAKTA-FAKTA UNIK TENTANG TRADISI NGABEN DI BALI!

Apalagi jaman dahulu sempat terjadi peperangan antara Suku Sasak Lombok dengan umat Buddha Mahayana. Namun sekarang, keduanya hidup berdampingan sebagai saudara di daerah Karangasem, Bali.

Ada banyak budaya Bali yang bersatu-padu dan mampu menyatukan berbagai latar belakang agama. Hal ini karena memang pada dasarnya masyarakat Bali adalah orang yang toleran. Masing-masing agama hidup berdampingan secara rukun dan saling membantu.

Tak heran banyak wisatawan yang betah hidup di Bali dan selalu senang berada di sana. Tak hanya agama, tapi juga suku, jenis kulit, dan segalanya yang membuat berbeda bisa diterima di sana. Itulah yang membuat Upacara Ngaben menjadi salah satu budaya yang memberikan napas Bhineka Tunggal Ika . (vpd)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BALI
GUIDE
related img
icon maps
BALI
GUIDE
related img
icon maps
BALI
GUIDE