Unik Palang Pintu Betawi Tradisi Berbalas Pantun | Breaktime
Uniknya Palang Pintu Betawi, Tradisi Berbalas Pantun
24.10.2016

Palang Pintu adalah salah satu acara dalam prosesi pernikahan adat Betawi. Dalam pernikahan adat Betawi terdapat beberapa runtutan acara. Jika diurutkan terdiri dari, Ngedelengin, Nglamar, Bawa Tande Putus, Buka Palang Pintu, Akad Nikah, Acare Negor, dan Pulang Tige Ari.

Kata Palang Pintu memiliki arti, yaitu palang yang berarti kayu atau balok yang dipasang melintang pada pintu atau jalan. Pintu berarti lubang atau papan untuk berjalan masuk dan keluar. Jadi palang pintu berarti kayu atau balok yang dipasang melintang pada pintu dan menghalangi jalan masuk atau keluar.

Tidak ada sejarah tertulis yang menyebutkan kapan tradisi ini mulai dilakukan. Hanya cerita-cerita lisan yang diungkapkan secara turun-temurun. Berdasarkan cerita masyarakat Betawi, tradisi Palang Pintu telah dilakukan sejak jaman dulu dan bermaksud untuk menguji ilmu bela diri pengantin laki-laki.

Unik Palang Pintu Betawi Tradisi Berbalas Pantun | Breaktime
Inilah tradisi berbalas pantun dalam prosesi Palang Pintu

Prosesi Palang Pintu pada pernikahan adat Betawi juga diadaptasi dari kisah masyarakat bahwa jaman dahulu hidup seorang jawara terkenal dan selalu menguji kemampuan bela diri tamu-tamu yang berkunjung ke rumahnya.

Tradisi Palang Pintu ini berasal dari Betawi Tengah dan Betawi Kota, para masyarakat Betawi pinggiran lebih mengenalnya dengan sebutan Dandang atau Tepuk Dandang.

Unik Palang Pintu Betawi Tradisi Berbalas Pantun | Breaktime
Selain berbalas pantun juga beradu bela diri, nih!

Tradisi Palang Pintu memiliki beberapa rangkaian, yaitu Shalawat Dustur, Balas Pantun, Beklai, dan Lantun. Keempat rangkaian prosesi Palang Pintu tersrbut harus dilakukan oleh jawara dari pengantin laki-laki sebagai syarat untuk menikahi sang mempelai wanita.

Tradisi ini juga dianggap sebagai media komunikasi antar keluarga pengantin dengan menggunakan seni sastra berupa pantun dan Beklai yang merupakan ilmu bela diri khas Betawi.

Bagaiman, B’timers? Kini Anda sudah lebih tahu, kan tentang tradisi Palang Pintu yang selalu dilakukan pada saat pernikahan adat Betawi. Semoga tradisi ini tetap lestari, ya! (vpd)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE