Tragis, Populasi Koala Kian Menurun! | Breaktime
Tragis, Populasi Koala Kian Menurun!
11.04.2017

FUN FACT QUESTION

Jawaban Kamu Salah

hewan koal bukan termasuk hewan yang harus banyak minum



Siapa yang nggak tahu hewan menggemaskan yang satu ini? Yap, koala memang satu-satunya hewan khas Australia yang memang hanya hidup di benua tersebut. Anda pasti sering melihat foto koala yang menempel di pohon. Itulah yang dinamakan dengan pohon eucalyptus. Koala memang lebih banyak menghabiskan waktu di atas pepohonan eucalyptus.

Tetapi sebenarnya koala tak selamanya berada di atas pohon eucalyptus. Mereka sesekali akan turun untuk minum. Bahkan, koala akan tetap turun meski mereka sudah mengantuk. Hewan ini ternyata memiliki waktu tidur yang cukup lama. Koala ternyata mampu tidur selama 18 jam setiap harinya di atas pohon.

Lalu, bagaimana dengan sumber pangan utamanya? Yap, karena koala terlalu banyak menghabiskan waktu di atas pohon, jadi makanan utama mereka adalah daun eucalyptus. Koala ini baru akan makan ketika malam hari. Ketahuilah bahwa mereka bisa memakan hingga 1,13 kg daun per harinya. Mengapa mereka makan daun? Ini karena dedaunan mampu menjadi persediaan air yang cukup untuk para koala, sehingga mereka tak perlu menambah asupan cairan tambahan seperti meminum air. 

Tragis, Populasi Koala Kian Menurun! | Breaktime
Saat ini koala lebih banyak turun untuk mencari persediaan air

Baca juga : TERNYATA INI ASAL MULA NAMA RAJA AMPAT!

Tetapi pada faktanya, para koala sekarang ini lebih banyak turun dari pohon. Ternyata setelah diteliti ternyata mereka mengalami kehausan. Hal ini disebabkan karena dedaunan yang biasa menyimpan cairan mulai mengering. Mungkin juga karena cuaca yang semakin panas dan kering akibat perubahan iklim. Sekarang ini koala tidak mau mengkonsumsi dedaunan yang hanya memiliki cairan sebanyak 55 – 65%. Itulah mengapa koala lebih banyak turun dari pohon untuk mencari air.

Padahal koala masuk dalam salah satu hewan yang rentan versi International Union for Conservation of Nature. Koala terancam bahaya yang disebabkan oleh gelombang panas, pohon tumbang, dan penyakit. Populasi koala kini pun semakin mengkhawatirkan. Populasi mereka mengalami penurunan sebesar 25% pada 2009. Hal ini disebabkan oleh gelombang panas yang merusak habitat koala.

Pada intinya, ini adalah tugas kita bersama untuk terus menjaga keberlangsungan rantai lingkungan. Demi bumi yang lebih baik di masa depan. (vpd)



artikel kompilasi
related img
icon maps
bali
guide
related img
icon maps
bali
guide
related img
icon maps
bali
guide