Tradisi Unik Lebaran yang Ada di Indonesia | Breaktime
Tradisi Unik Lebaran yang Ada di Berbagai Daerah Indonesia
07.07.2016

Yang identik ketika datang Hari Raya Lebaran adalah saling mengunjungi sanak keluarga atau keliling kampung untuk bersilaturahmi dengan para tetangga. Dan ternyata di beberapa daerah Indonesia ada tradisi unik untuk rayakan Lebaran, lho, B’timers. Nah, penasaran seperti apa tradisi itu? Simak berikut ini, ya, B’timers!

Grebeg Syawal, Yogyakarta

Akan ada sebuah gunungan yang berisi hasil bumi akan diarak berkeliling. Tradisi yang dilakukan setiap tanggal 1 Syawal ini merupakan bentuh kebaikan dari Sultan terhadap rakyatnya, B’timers. Masyarakat sekitar yang menonton pun akan berebut mendapatkan isi gunungan yang dipercaya mendatangkan berjah dan ketentraman.

Tradisi Unik Lebaran yang Ada di Indonesia | Breaktime
Sate batok kelapa dibakar demi menyambut datangnya Lebaran

Bakar gunung Api, Bengkulu

Suku Serawak di Bengkulu punya tradisi unik setiap datang Lebaran. Mereka akan menyusun batok kelapa seperti tusuk sate hingga berbentuk gunungan. Setelah itu gunungan tersebut dibakar. Simbol ini dipercaya merupakan bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Selain itu juga merupakan doa bagi arwah keluarga.

Ilo Sanggari, Dompu, NTB

Ketika belum ada penerangan, warga Dompu menyambut Lebaran dengan membakar ilo sanggari atau lentera, B’timers. Warga setempat mempercayai, dengan cara membakar lentera, maka mendatangkan malaikat dan roh leluhur yang akan memberikan berkah di Hari Raya Lebaran. Namun sekarang, tradisi ini sudah jarang digunakan.

Harus Makan!, Papua

Wah, Anda yang doyan bertamu dan makan, sesekali harus ke Papua untuk merayakan Lebaran, nih. Di sana ada tradisi unik yang mewajibkan orang yang bertamu di hari Lebaran datang dengan perut kosong. Alasannya, Anda harus ikut menghabiskan sajian khas Lebaran yang disediakan tuan rumah. Jika tidak, itu artinya tidak sopan.

Tradisi Unik Lebaran yang Ada di Indonesia | Breaktime
Dengarkan dentuman meriam di malam takbir di Pontianak

Meriam Karbit, Pontianak

Jika merayakan datangnya Hari Raya Lebaran di Pontianak, Anda harus siap-siap mental, lho. Karena malam takbiran di sini akan ada suara meriam yang berdentum sepanjang malam. Meriam berukuran super besar yang terbuat dari batang kayu akan dipasang di tepian Sungai Kapuas. Wah, suasanya sedikit ekstrem, namun seru!

Tradisi mana yang menarik, nih, menurut Anda, B’timers? (NO)

Share This Article