Tradisi Unik Banyuwangi Tumpeng Sewu Mepe Kasur | Breaktime
Tradisi Unik Banyuwangi Tumpeng Sewu Dan Mepe Kasur
15.12.2016

Tumpeng Sewu adalah tradisi adat masyarakat asli Banyuwangi yang rutin digelar setiap seminggu sebelum Idul Adha, tradisi ini selalu dilakukan oleh warga asli Kemiren Kecamatan Glagah yang merupakan suku asli Banyuwangi. Ritual ini dimaksudkan sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas keberkahan yang diterima selama ini. Sesepuh Desa Kemiren, Suhaimi menjelaskan, tradisi yang sudah ada sejak tahunan ini diawali dengan ritual Mepe Kasur. Yaitu ritual yang dilakukan oleh warga denganĀ  menjemur kasur secara ramai-ramai di sepanjang jalan depan rumah masing-masing dari pagi hingga menjelang sore. Kasur yang dijemur bukanlah kasur sembarangan tetapi kasur khas warga Kemiren yang cirinya berwarna hitam dan merah, masyarakat meyakini dengan mengeluarkan kasur ini dapat mengusir dan membersihkan diri dari penyakit yang berada di rumah.

Tradisi Unik Banyuwangi Tumpeng Sewu Mepe Kasur | Breaktime
Tradisi mepe kasur yang dilakukan warga

Kasur akan di pepe atau dijemur begitu matahari terbit di depan rumah, sambil membaca doa dan memercikan air bunga di halaman. Kasur ini akan dimasukan kembali sebelum Ashar atau sekitar jam 14.00. tepat setelah kasur dimasukkan kembali warga akan melakukan arak-arakan Barong mengelilingi desa, dan ritual akan diteruskan dengan menggelar selamatan Tumpeng Sewu dengan setiap rumah warga minimal akan mengeluarkan satu tumpeng yang diletakkan didepan rumahnya.

Tumpeng ini adalah nasi dalam bentuk kerucut dengan lauk pauk seperti pecel pithik yaitu ayan oanggang dibalut dengan parutan kelapa. Ritual Tumpeng Sewu ini akan dimulai sesudah adzan maghrib yang diawali dengan sholat berjamaah dan berdoa bersama agar masyarakat dijauhkan dari segala bencana dan sumber penyakit setelahnya barulah makan bersama dengan menu Tumpeng tadi.

Bagaimana? Anda tertarik menyaksikan tradisi asli Banyuwangi ini? Bagi Anda yang tertarik bisa berkunjung ke Banyuwangi satu minggu sebelum Idul Adha.(dsa)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BALI
GUIDE
related img
icon maps
BALI
GUIDE
related img
icon maps
BALI
GUIDE