Tradisi Peusijuek di Kota Serambi Mekkah | Breaktime
Tradisi Peusijuek di Kota Serambi Mekkah
11.09.2016

Ada tradisi membangunkan mayat di Tana Toraja, ada juga tradisi memohon keselamatan, ketentraman, dan kebahagian yang berasal dari Aceh. Indonesia memang merupakan negara multikultur. Tradisi yang berasal dari Aceh ini biasa disebut dengan Peusijuek.

Tradisi ini menurut warga Aceh merupakan peninggalan kebudayaan Hindu. Peusijuek diambil dari kata ‘sijue’ yang dalam bahasa Aceh berarti dingin. Dan oleh masyarakat Aceh dianggap mampu mendinginkan dan menyejukkan. Saat melakukan tradisi ini, masyarakat Aceh akan melantunkan mantra dan doa-doa tertentu, namun terjadi sedikit perubahan sejak masuknya agama Islam ke Aceh. Masyarakat memasukkan unsur Islam dalam tradisi ini dengan melantunkan shalawat.

Pelaksanaan tradisi ini dilakukan oleh tokoh agama atau tokoh adat. Ada tiga hal penting dalam pelaksanaan ritual ini, yaitu alat dan bahan peusijuek, gerakan, dan doa. Alat yang digunakan terdiri dari talam, bu leukat (ketan), u mirah (kelapa merah), breueh pade (beras), teupong taweue (tepung dicampur air), on sisikuek (daun cocor bebek), manek manoe (dedaunan), naleueng sambo (rumput), glok (kobokan), dan sangee (tudung saji).

Tradisi Peusijuek di Kota Serambi Mekkah | Breaktime
Bahan yang digunakan untuk melakukan ritual Peusijuek

Gerakan yang dilakukan dari kiri ke kanan dan kanan ke kiri. Sesekali juga melakukan gerakan menyilang.  Hal ini sangat penting untuk meningkatkan kesakralan dalam ritual Peusijuek. Alat yang digunakan dan gerakan yang dilakukan memiliki filosofinya masing-masing.

Untuk doa yang digunakan adalah doa yang ada dalam ajaran Islam. Oleh karena itu, yang memimpin ritual ini adalah tokoh agama yang mengerti tentang doa-doa yang akan dibacakan.

Tahukan B’timers maksud dari dilakukannya ritual ini? Jadi, makna dari tradisi Peusijuek adalah sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan atas nikmat dan kebahagiaan yang diberikan pada masyarakat Aceh dan juga harapan untuk memperoleh keselamatan, keberkahan, dan kesejahteraan hidup. (vpd)

Share This Article