Tradisi Mudik dan Perayaan Lebaran Seluruh Dunia | Breaktime
Tradisi Mudik dan Perayaan Lebaran Seluruh Dunia
30.06.2017

Setelah menjalani ibadah puasa selama 30 hari pada Bulan Ramadan, sekitar lebih dari 1,6 miliar umat Muslim yang ada di seluruh dunia merayakan hari penuh kemenangan, Idul Fitri yang merupakan tanda dari akhir bulan nan suci dan penuh berkah.

Jika di Indonesia, kita memiliki tradisi merayakan Hari Lebaran dengan berkumpul bersama keluarga dan kerabat tercinta di kampung halaman, bagaimanakah kebiasaan umat Muslim yang ada di negara-negara lain di seluruh dunia dalam merayakan kedatangan Hari Raya Lebaran, B’timers?

Di Hari Raya idul Fitri, semua orang berkumpul bersama keluarga dan teman-teman untuk menjalankan ibadah sholat Id di lapangan-lapangan terbuka dan juga masjid-masjid. Ini hanyalah salah satu bentuk mewah dari perayaan umat Muslim menyambut Hari Idul Fitri.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Hampir Lebaran, Begini Cara Atasi Arus Mudik

Ya, ternyata tradisi mudik atau pulang kampung menjelang Hari Raya Lebaran tak hanya bisa kita dapati di Indonesia saja, lho, B’timers. Beberapa negara dengan mayoritas penduduknya yang memeluk agama Islam juga mengenal tradisi yang satu ini dan masih menjalankannya setiap tahun di akhir Ramadan.

Negara pertama yang memiliki tradisi mudik seperti di Indonesia adalah Malaysia. Negara serumpun ini mengenal mudik dengan sebutan balek kampong yang akan dilakukan setiap seminggu menjelang Hari Raya Idul Fitri, B’timers. Dan tidak hanya itu saja, mereka juga mengenal tradisi THR saat Lebaran, lho!

Tradisi Mudik dan Perayaan Lebaran Seluruh Dunia | Breaktime
Umat Muslim Mesir pun mengenal mudik Lebaran

Lalu ada pula tradisi yang dilakukan oleh para umat Muslim di Mesir. Namun berbeda dengan kita yang tinggal di Indonesia, yang merayakan Lebaran secara besar-besaran, warga Mesir justru menganggapnya sebagai Hari Raya Kecil. Mereka melakukan mudik di setiap tahun saat Hari Raya Idul Adha, B’timers.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Mudik Seru Tanpa Bosan & Lapar, Ini Triknya!

Tradisi mudik, bukanlah hal yang asing bagi penduduk Muslim yang tinggal di Turki. Dengan kebiasaan yang tak jauh berbeda dengan warga Muslim di Indonesia, mereka juga terbiasa melakukan perjalanan mudik ke kampung halamannya menjelang Lebaran. Mereka juga akan berziarah ke makam kerabat.

Tradisi Mudik dan Perayaan Lebaran Seluruh Dunia | Breaktime
Tak berbeda, ini cara Muslim China mudik Lebaran

Meskipun penduduk yang memeluk agama Islam di China terbilang sangat sedikit, yaitu sekitar 2% dari keseluruhan penduduk, namun itu tak menghentikan mereka turut melakukan mudik ke kampungnya, B’timers. Umat Muslim di China melakukan perjalanan mudik beberapa hari sebelum Idul Fitri.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Ada Banyak Tradisi Lebaran, Begini Sejarahnya!

Lalu bagi warga Muslim yang tinggal di India yang termasuk kaum minoritas, juga tak pernah ketinggalan melakukan perjalanan mudik menuju kampung halaman dengan beramai-ramai. Jika di Indonesia Anda selalu mendapatkan kemacetan setiap kali mudik, di India, Anda harus rela berdesakan di kereta api!

Dan tak hanya tradisi mudik saja yang menjadi ikon setiap Hari Raya Lebaran yang datang setelah bulan Ramadan, lho. Jika di Indonesia kita baru sudah merayakan Lebaran jika ada ketupat dan Opor Ayam di atas meja, maka tak berbeda juga dengan umat Muslim yang ada di seluruh dunia, B’timers.

Bedanya adalah, makanan khas yang wajib disajikan setiap Hari Raya Lebaran di banyak negara dengan umat Muslim di dalamnya biasanya merupakan aneka makanan kecil yang memiliki rasa manis, B’timers. Seperti di Mesir yang selalu menghidangkan Fata yang merupakan campuran nasi dan daging.

Lalu ada juga Baklava yang merupakan sajian manis khas Turki yang wajib ada di setiap Hari Lebaran di rumah-rumah umat Muslim di Turki. Well, intinya tidak hanya Indonesia saja yang memiliki tradisi unik di setiap perayaan Hari Raya Idul Fitri, B’timers. (NO)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BALI
GUIDE
related img
icon maps
BALI
GUIDE
related img
icon maps
BALI
GUIDE