Tersesat di Hutan? Ini tips untuk Bertahan | Breaktime
Tersesat di Hutan? Ini yang Harus Dilakukan untuk Bertahan
11.11.2015

Apa jadinya jika saat B’timers pergi menjelelajah ke hutan, lalu tiba-tiba tersesat dan benar-benar tak tahu arah? Saking tersesatnya, Anda bahkan harus tinggal sementara di hutan karena hari terlanjur gelap. Pada saat inilah, rasa panik biasanya datang menyerang dan mungkin membuat Anda sulit berpikir jernih.

Nah, tak perlu khawatir, bukankah sebenarnya setiap orang sudah dibekali dengan mental berjuang dan bertahan hidup? Untuk bisa bertahan hidup di hutan, berikut tipsnya:

Riset dan perencanaan

Mungkin Anda ingin pergi mendaki, trekking, atau rekresai di alam liar lainnya. Lakukan persiapan dengan baik mulai dari mengenali areanya hingga mencari informasi tentang daerah lokal di sekitar hutan. Tanyakan juga pada teman yang sudah pernah pergi ke area tersebut.

Beritahu orang lain ke mana dan berapa lama Anda pergi

Ini adalah sebuah keharusan. Saat terjadi keadaan darurat, seperti misalnya Anda tiba-tiba hilang kontak, akan lebih menenangkan jika Anda sudah tahu ada orang lain yang akan memintakan bantuan untuk segera menolong Anda.

Bawa peralatan lengkap dan sinyalir lokasi Anda

Pastikan membawa perlengkapan wajib seperti peluit, kompas, pisau, pemantik atau korek api yang dibungkus bahan anti air, tali dan pakaian cadangan. Juga jangan lupa membawa persediaan air minum yang cukup. Selain itu, jika Anda benar-benar tersesat, hal pertama yang harus dilakukan adalah menenangkan pikiran dan tidak panik. Baru cobalah menghubungi seseorang dengan ponsel Anda, jika lokasi Anda masih terjangkau sinyal.

Tersesat di Hutan? Ini tips untuk Bertahan | Breaktime
Bertahan hidup sementara di hutan tak sesulit itu jika Anda tahu yang harus dilakukan

Berkeliling area sekitar dan mencari sumber air

Ingat titik di mana Anda berada, lalu pergilah berkeliling untuk sedikit menyisir area tersebut. Setelahnya Anda akan lebih mudah kembali ke tempat asal Anda. Selain itu, carilah sumber air untuk mendapatkan asupan air dan murnikan sebelum menggunakannya. Cara paling mudah adalah dengan merebus air tersebut terlebih dahulu.

Buat tempat berlindung dan api unggun

Anda bisa membuat perlindungan dengan menggunakan tumpukan kayu dan ranting. Selain itu, buatlah api unggun dengan ranting-ranting kayu di hutan untuk menghangatkan badan sekaligus menghalau serangan binatang. Susun batu di sekeliling api unggun sebagai penyekat agar api tak menyebar luas dan justru memicu kebakaran.

Cari sumber makanan dan selalu berpikir positif

Saat mendaki, pastikan Anda membawa banyak makanan yang mengandung kalori tinggi. Namun, jangan lupa mengonsumsi makanan yang sehat dan aman. Jika terpaksa mencari sumber makanan di hutan, makanlah serangga atau hewan kecil yang bisa Anda temukan. Juga, selalu berpikir positif agar pikiran Anda tetap jernih, dan Anda bisa bertahan hingga waktunya pulang ke rumah.

Nah, itulah yang harus B’timers lakukan saat tersesat dan harus bertahan hidup di hutan. (md)

Share This Article