Ternyata Ini Asal Mula Nama Raja Ampat! | Breaktime
Ternyata Ini Asal Mula Nama Raja Ampat!
10.04.2017

Sekarang ini siapa sih yang nggak kenal dengan Raja Ampat? Yap, ini adalah salah satu mutiara alam dari timur Indonesia yang beberapa tahun terakhir ini berada di puncak wisata. Bagaimana tidak, wilayah kepulauan ini memang memiliki karakteristik alam bahari yang bisa dibilang kecantikannya hanya dimiliki oleh Indonesia. Berbanggalah dengan negeri ini, B’timers, karena semua hal yang dibutuhkan sudah ada. Raja Ampat sendiri masuk dalam wilayah Papua Barat. Papua memang dikenal dengan kawasan di Indonesia yang masih cukup primitif. Kekayaan alamnya masih sangat terjaga dengan baik. Tak heran jika para mutiara hitam dari Timur akan merasa sangat marah jika ada orang asing yang sengaja atau tidak sengaja merusaknya.

Raja Ampat tidak hanya terkenal dengan keindahan ratusan pulau yang eksotis, tetapi juga keindahan alam bawah laut yang mampu mengalahkan laut Bunaken di Sulawesi. Tetapi, jika Anda benar-benar traveller, tentunya tak hanya menikmati keindahan ciptaan Yang Maha Kuasa, tetapi juga mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan Raja Ampat. Salah satunya adalah menelisik dari sisi sejarah yang nggak banyak diketahui oleh orang, bahkan masyarakat kita sendiri.

Ternyata Ini Asal Mula Nama Raja Ampat! | Breaktime
Raja Ampat (Google)

Baca juga : HENAN JADI SAKSI PERDABAN CHINA KUNO

Ketahuilah bahwa ternyata nama Raja Ampat memiliki sejarah panjang dan dari berbagai versi. Namun yang jelas, nama Raja Ampat sangat berkaitan dengan suku yang mendiami kepulauan ini. Namanya Suku Maya. Suku Maya ini adalah sebutan asli untuk suku asli Raja Ampat. Ternyata Suku Maya ini tidak hidup di tepi laut, mereka hidup di tengah hutan atau bahkan di gunung. Hanya saja mereka mulai mengenal perahu dan alat pancing sejak para penjelajah laut Biak membuat orang Maya mau turun ke laut.

Sedangkan nama Raja Ampat didapat setelah mereka menemui empat raja misterius yang hidup di empat pulau besar yaitu Waigeo, Salawati, Misool, dan Batanta. Mereka adalah pemimpin di empat pulau besar tersebut. Nah, mengapa dikatakan misterius? Itu karena menurut legenda yang berkembang di kalangan orang Maya, keempat raja tersebut lahir dari 7 telur. Hal ini diinformasikan secara turun-temurun dari generasi pertama Suku Maya.

Ternyata Ini Asal Mula Nama Raja Ampat! | Breaktime
Penduduk asli Raja Ampat (Google)

Baca juga : CINDELARAS & AYAM JAGONYA YANG TAK TERKALAHKAN

Bahkan sampai sekarang, bangunan sejarah tempat telur tersebut berasal sudah dibangun dan terus diperbaiki karena atapnya selalu rusak. Namun, cerita lebih lengkap tak bisa diungkapkan oleh Suku Maya, karena mereka mengaku itu adalah hal yang rahasia.

Cerita tersebut mulai berkembang di masyarakat Suku Maya sejak abad ke-19. Sejak saat itu pula, masyarakat yang menghuni Raja Ampat terdidik menjadi masyarakat bahari yang tangguh. Kini, nama Raja Ampat semakin dikenal oleh para pelancong dunia.

Ternyata Ini Asal Mula Nama Raja Ampat! | Breaktime
Wisatawan juga harus menjaga kelestarian alam dengan baik (Google)

Baca juga : NAPAK TILAS RAJASTHAN, KOTA DI PERBATASAN INDIA

Hanya saja, masyarakat Suku Maya merasa mereka terpinggirkan dengan kedatangan para wisatawan. Mereka berharap, pemerintah juga ikut memperhatikan suku asli Raja Ampat yang telah bersusah payah menjaga kelestarian bahari di sana.

Pada intinya, bukan hanya kesenangan diri sendiri yang harus diperhatikan, jika pemerintah tidak bisa membantu lebih banyak, setidaknya wisatawan yang datang juga bisa lebih menghargai alam dan segala hal yang berada di dalamnya. (vpd)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE