Terkuak Sebab Kursi Pesawat Berwarna Biru! | Breaktime
Terkuak Sebab Kursi Pesawat Berwarna Biru!
28.08.2017

Saat bepergian, ada banyak pilihan transportasi yang bisa digunakan, antara lain mobil, kereta api, kapal laut, dan pesawat terbang. Hanya saja, pesawat menjadi salah satu transportasi yang banyak menjadi pilihan wisatawan. Ini karena pesawat bisa lebih menghemat waktu perjalanan. Peran transportasi yang satu ini bahkan belum ada yang bisa menggantikan. Meski biayanya relatif lebih mahal dibandingkan dengan transportasi lainnya, pesawat tetap menjadi pilihan nomor satu.

Oleh karena itu, para maskapai penerbangan pun akan berusaha memberikan kenyamanan terhadap para penumpangnya. Mulai dari pelayanan sampai dengan hal yang paling kecil, seperti pemilihan warna pada interior pesawat. Pernahkah B’timers memperhatikan tentang warna kursi pesawat? Mungkin tanpa Anda sadari, hampir semua kursi pesawat berwarna biru. Benar atau tidak? Nah, tapi tahukah Anda mengapa kursi pesawat selalu berwarna biru?

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
5 Tempat Menikmati Pesta Kembang Api Singapura

Memang tidak semua maskapai menggunakan kursi pesawat berwarna biru. Namun, mayoritas hal ini dilakukan oleh beberapa maskapai. Bahkan maskapai dengan warna logo yang berbeda juga menggunakan kursi berwarna biru. Semua ini bukan tanpa alasan, B’timers. Jelas ada hal penting yang membuat banyak maskapai menggunakan kursi berwarna biru.

Ada alasan ilmiah, lho di balik penggunaan warna biru pada kursi pesawat. Alasan utama penggunaan warna biru yang sangat populer adalah karena warna ini menghasilkan zat kimia yang mampu menenangkan tubuh seseorang. Ketika Anda melihat warna ini, tubuh akan bereaksi untuk menciptakan enzim yang mampu mengurangi emosi saat naik pesawat terbang. Anda pun akan merasa aman dan nyaman selama penerbangan.

Terkuak Sebab Kursi Pesawat Berwarna Biru! | Breaktime
Ternyata ini alasan kursi pesawat berwarna biru!
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Kisah Orang yang Selamat dari Kecelakaan Pesawat

Hal ini pun dibuktikan oleh para ahli dari website Color Psychology. Mereka mengatakan bahwa warna biru adalah warna yang menunjukkan kedamaian. Ini adalah warna laut yang tenang dan warna langit yang cerah. Keduanya memiliki keterkaitan dengan ketenangan dan kejernihan batin. Bahkan siapa yang menyangka kalau warna biru ternyata terbukti mampu memperlambat detak jantung dan pernapasan, sehingga bisa menjadi pilihan warna yang sangat bagus untuk membantu meditasi atau relaksasi seseorang.

Warna biru juga memancarkan kesan bisa dipercaya. Mengingat bahwa pesawat akan menentang alam dan menerbangkan ratusan orang ke langit, masuk akal juga sih jika para maskapai ingin para penumpang percaya terhadap jasa yang mereka tawarkan.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Ini Alasan Bayi Harus Duduk Sendiri Di Pesawat!

Selain itu, warna biru juga bisa mengubah indera seseorang. Hal ini dilansir dari Popular Science, bahwa 48 persen orang percaya bahwa minuman bersoda yang disajikan dalam gelas biru akan lebih nikmat daripada warna lainnya. Itulah mengapa maskapai penerbangan percaya bahwa warna biru juga bisa membantu penumpang merasa lebih nyaman.

Menariknya, pada tahun 1970 – 1980an, maskapai penerbangan sempat menggunakan warna merah untuk kursi mereka. Hanya saja kemudian dilepaskan karena dianggap mampu memicu emosi negatif dan kemarahan penumpang.

Nah, jadi sekarang B’timers tahu, kan mengapa kursi pesawat mayoritas berwarna biru. Cukup masuk akal, sih. Tetapi ada-ada saja, ya. 



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE