Terkuak, Gunung Arjuna Pernah Tembus Kahyangan! | Breaktime
Terkuak, Gunung Arjuna Pernah Tembus Kahyangan!
20.07.2017

B’timers yang hidup di era 90an pasti sering mendengar tentang dongen, legenda, atau cerita rakyat Nusantara yang banyak tersebar dari mulut ke mulut ataupun menjadi pembelajaran di sekolah. Jika melihat sekarang ini rasanya sudah semakin jarang anak-anak atau pemuda yang tak tahu menahu tentang legenda Indonesia.

Padahal kisah-kisah yang memang sebenarnya belum tentu benar ini bisa mengajarkan seseorang untuk bersikap dalam hidup. Kali ini Breaktime berusaha untuk mengangkat kembali cerita rakyat sebuah gunung yang terletak di wilayah Jawa Timur, yaitu Gunung Arjuna. Gunung ini berada di Kabupaten Malang.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Kok Bisa Tomat Busuk Jadi Alat Perang Di Lembang?

Masyarakat sekitar percaya bahwa dulunya Gunung Arjuna ini memiliki ketinggian mencapai langit. Namun sekarang tingginya hanya mencapai 3.339 mdpl. Nah, apa penyebab gunung ini terpotong?

Alkisah, dulu hidup Pandawa yang merupakan putra Pandu, ia adalah seorang raja yang bertahta di Kerajaan Hastinapura. Sang Prabu memiliki lima orang anak laki-laki, mereka adalah Yudistira, Bima, Arjuna, serta Nakula dan Sadewa. Dari kelima Pandawa tersebut, Arjuna jadi anak yang terkenal dengan ilmu kesaktian paling tinggi.

Arjuna ternyata merupakan jelmaan dari Dewa Indra yang merupakan Dewa Perang. Kesaktian Arjuna tak lain dan tak bukan berasal dari Dewa Indra. Hingga suatu hari Arjuna memutuskan untuk bertapa di sebuah gunung di sebelah barat Batu, Malang. Ia bersemedi siang dan malam penuh khusyuk. Sampai-sampai tubuhnya mengeluarkan cahaya dengan kekuatan luar biasa. Kemudian gunung tersebut lama kelamaan ikut terangkat ke atas hingga menjulang tinggi ke langit dan mengguncang negeri Kahyangan.

Para penghuni kahyangan bertanya-tanya, khususnya Batara Guru yang merupakan pemimpin dari semua dewa. Ia mengutus Batara Narada untuk mencari tahu apa penyebabnya. Setelah mengelilingi langit, Batara Narada menemukan Arjuna sedang bertapa. Ia pun melapor pada Batara Guru. Kemudian Batara Guru memintanya untuk membangunkan Arjuna.

Terkuak, Gunung Arjuna Pernah Tembus Kahyangan! | Breaktime
Lokasi pertapaan Arjuna (gebyak.wordpress.com)
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Hue, Pesona Kota Kuno di Bekas Ibukota Vietnam

Sayangnya, Arjuna tak menggubris permintaan Batara Narada. Ia terus bertapa dan berpikir bahwa dewa akan memberikannya kesaktian lebih banyak. Ia begitu angkuh dan kekeh pada pendiriannya. Akhirnya Batara Guru mengutus para bidadari dan dedemit untuk membangunkan Arjuna. Namun tak mempan juga.

Akhirnya Batara Guru meminta Semar sebagai pengurus Pandawa di bumi untuk membangunkan Arjuna. Semar pergi bersama Batara Togog ke gunung tempat Arjuna bertapa. Mereka berdua pun bertapa dan mengubah tubuhnya menjadi raksasa. Kemudian mereka memotong gunung tersebut dan membuang puncaknya yang disinggahi oleh Arjuna.

Potongan tersebut dilempar jauh hingga menyebabkan suara dentuman keras dan guncangan yang dahsyat. Arjuna pun terbangun dan bertanya pada Semar. Sang Dewa Ismaya pun menjelaskan bahwa pertapaannya tersebut justru meresahkan para dewa di kahyangan. Arjuna pun sadar dan menghentikan pertapaannya.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
City of Lantern Hoi An, Romantisme di Vietnam

Sejak saat itu, gunung tempat Arjuna bertapa diberi nama Gunung Arjuna dan potongannya dianggap menjadi Gunung Wukir di wilayah Batu.

Pada intinya, menjadi seorang manusia sangat penting untuk mengakui kesalahan yang telah dilakukan. Seperti yang ditunjukkan oleh Arjuna, dengan segala kerendahanhatinya ia mengakui kesalahannya yang telah meresahkan penduduk kahyangan. Well, kalau memang memiliki salah jangan pernah takut untuk mengakuinya dan menjadi pribadi yang lebih baik, ya B’timers. (vpd)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE