Terbukti Everest Bukan Gunung Tertinggi Di Dunia | Breaktime
Terbukti Everest Bukan Gunung Tertinggi Di Dunia!
06.02.2017

Sejak dulu Gunung Everest yang ada di pegunungan Himalaya dinyatakan sebagai peringkat pertama gunung tertinggi di dunia. Gunung Everest terletak di perbatasan Nepal dan Tibet. Bagaimana tidak dinobatkan sebagai puncak tertinggi di dunia, gunung ini menjulang dengan ketinggian 29.029 kaki atau sekitar 8.848 meter di atas permukaan laut.

Ketinggiannya yang sedemikian rupa, menarik minat para pendaki internasional yang ingin menaklukkan gunung tersebut. Ribuan pendaki telah mencoba untuk mendaki dan sampai dipuncak Everest sejak dulu. Tetapi dari banyaknya pendaki yang telah mencoba menaklukkan salah satu seven summit ini, hanya beberapa saja yang bisa sampai di puncak dan kembali dengan selamat, sedangkan sisanya selalu gagal dengan berbagai macam penyebab. Ada yang meninggal dan ada juga yang menyerah di tengah jalan.

Tetapi, apa yang dilakukan oleh para pendaki sia-sia. Yup, ini karena terbukti bahwa ternyata Gunung Everest bukan merupakan gunung tertinggi di dunia. Embel-embel gunung tertinggi di dunia yang disandang oleh Everest ternyata tidak sesuai dengan ilmu pengetahuan.

Terbukti Everest Bukan Gunung Tertinggi Di Dunia | Breaktime
Inilah Gunung Mauna Kea di Hawaii

Ilmu pengetahuan telah mengungkap siapa saja yang pantas yang menjadi peringkat pertama puncak tertinggi di dunia. Memang, Everest bisa dinobatkan menjadi gunung tertinggi jika ukuran ketinggian dari atas permukaan laut. Tetapi, jika diukur mulai dari perut bumi, Everest bahkan tidak masuk dalam jajaran 20 gunung tertinggi di dunia.

Gunung Mauna Kea di Hawai sempat juga menjadi gunung tertinggi di dunia. Yup, jika diukur dari atas permukaan laut, tingginya hanya setengah dari Everest, yaitu 4.205 meter di atas permukaan laut. Tetapi, ternyata Gunung Mauna Kea tidak benar-benar berada di atas permukaan laut, lho B’timers.

Total tinggi gunung Mauna Kea ini mencapai 10.200 meter, karena ternyata kaki gunung Mauna Kea berada di bawah permukaan laut sejauh 6.000 meter. Wow! Inilah yang membuat Mauna Kea tidak menjadi perhatian masyarakat dunia karena ternyata kaki gunungnya tersembunyi di dasar laut. Lagipula, satuan ukuran ketinggian gunung yang standart adalah menggunakan mdpl.

Terbukti Everest Bukan Gunung Tertinggi Di Dunia | Breaktime
Kalau yang ini Gunung Chimborazo di Ekuador

Tetapi, nyatanya Mauna Kea masih kalah dengan Gunung Chimborazo di Ekuador, Amerika Serikat. Jika diukur dari perut bumi, gunung ini menjadi yang paling tinggi di dunia. Pada dasarnya bumi tidak berbentuk bulat sepenuhnya, melainkan pepat. Secara teknis, pegunungan yang ada di sepanjang atau di dekat garis khatulistiwa masuk dalam daftar gunung tertinggi di dunia.

Jika diukur dari perut bumi, Gunung Everest membentang hingga puncaknya sejauh 3.965 mil atau sekitar 6.382 km. Sedangkan Gunung Chimborazo membentang hingga puncaknya sepanjang 3.967 mil atau sekitar 6.384 km.

Jika diukur dengan satuan lain, selisih tinggi Everest dengan Chimborazo adalah 15 kaki atau sekitar 4.572 meter. Perbedaan lainnya antara Everest dengan Chimborazo adalah medan, waktu pendakian, dan suasananya. Untuk mendaki puncak Everest Anda butuh waktu sekitar 10 hari, sedangkan untuk mendaki Chimborazo, Anda hanya butuh waktu 2 hari dan rasanya hanya seperti berjalan-jalan di taman saja, karena bagaimanapun jika diukur dengan mdpl, Everest masih memegang pialanya. (vpd)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE