Tempat Pelajar Vietnam Merayakan Kelulusan | Breaktime
Temple of Literature, Tempat Pelajar Vietnam Merayakan Kelulusan
22.05.2016

Mengunjungi destinasi wisata yang kaya nilai sejarah dan budaya terasa semakin lengkap apabila bertepatan dengan kegiatan masyarakat lokal di dalamnya.

Hal itulah yang saya temui saat mengunjungi salah satu destinasi sejarah paling populer di Hanoi, yaitu Temple of Literature atau dalam bahasa Vietnam disebut Van Mieu.

Temple of Literature merupakan kompleks bangunan kuil yang berdiri sejak tahun 1070 dan didedikasikan untuk Confusius, seorang pemikir dan filsuf ternama asal China. Kompleks bangunan ini juga dikenal sebagai "universitas" pertama di Hanoi.

Tempat Pelajar Vietnam Merayakan Kelulusan | Breaktime
Gerbang depan yang cukup megah di kompleks Temple of Literature

Memasuki gerbang utama kompleks kuil ini, B'timers akan melewati sebuah gerbang berwarna dominan putih dengan nuansa khas China. Kemudian ada sebuah kompleks taman yang terdiri dari beberapa rangkaian bunga dan sebuah kolam bunga teratai.

Kemudian ada sebuah gerbang dengan bangunan mirip pagoda berwarna merah dan di dalamnya terdapat sebuah kolam yang dikenal dengan nama "Kingdom of Heaven". Di sekeliling kolam ini terdapat patung-patung batu dengan ukiran ajaran Konfusius dengan dasar patung kura-kura.

Tempat Pelajar Vietnam Merayakan Kelulusan | Breaktime
Pagoda merah di gerbang menuju kolam di dalam area Temple of Literature

Oh iya, kalo mau lebih teliti, pagoda merah pada gerbang menuju taman di Temple of Literature ini juga diabadikan pada lembar mata uang Vietnam pecahan 100 ribu.

Masuk ke area lebih dalam dari kompleks kuil ini terdapat ruang terbuka yang cukup luas dan dua buah bangunan peribadatan. Di ruangan terbuka inilah para pelajar dari penjuru Hanoi sering melakukan kegiatan, salah satunya adalah doa bersama sebelum ujian dan foto wisuda.

Tempat Pelajar Vietnam Merayakan Kelulusan | Breaktime
Tempat ini juga ada di mata uang Vietnam pecahan 100 ribu

Saat saya mengunjungi Temple of Literature pada akhir bulan Mei, tampak beberapa grup siswa berkumpul dan berdoa bersama di lokasi ini, dengan harapan mereka mendapatkan hasil memuaskan pada ujian akhir semester.

Sementara itu saat saya berkunjung kedua kalinya pada bulan April, tampak puluhan siswa seusia SMA yang memakai toga untuk melakukan foto bersama kelulusan mereka. Temple of Literature memang menjadi tempat "wajib" untuk foto wisuda bagi pelajar Vietnam -khususnya Hanoi- karena dianggap sebagai simbol ilmu pengetahuan.

Tempat Pelajar Vietnam Merayakan Kelulusan | Breaktime
Ekspresi gembira pelajar Vietnam yang baru saja merayakan kelulusan

Wisatawan bisa mengunjungi Temple of Literature yang buka setiap hari dari jam 8.30 dan tutup jam 16.30 dengan harga tiket masuk sebesar 8.000 VND atau sekitar RP 4.000 per orang. Sangat terjangkau untuk ukuran kompleks bangunan yang sangat kaya dengan nilai sejarah.

Temple of Literature bisa dijangkau dengan jalan kaki sekitar 20 menit dari kawasan Old Quarter dan Hoan Kiem Lake. Apabila tidak ingin repot, B'timers bisa memesan paket City Tour Hanoi dari hotel tempat menginap. Selain Temple of Literature, paket City Tour biasanya juga akan mengunjung Ho Chi Minh Mausoleum, Tran Quoc Pagoda, dan Hoa Lo Prison. (ZA)

Share This Article