Tempat Wisata di Yogyakarta Penuh Nilai Seni | Breaktime
Tempat Wisata di Yogyakarta Penuh Nilai Seni
18.09.2017

B’Timers, saat Anda mendengar kata “tempat wisata di Yogyakarta” hal apa yang paling pertama terbersit di pikiran Anda? Well, kebanyakan dari kita pasti langsung mengasosiasikannya dengan Pantai Parangtritis, Candi Borobudur dan Candi Prambanan, dan Keraton Yogyakarta. Yogyakarta memang punya banyak spots alami dengan keindahan alam yang agung. Ditambah lagi di sana juga terdapat berbagai macam situs bersejarah mulai dari candi hingga museum perjuangan.

Dan satu hal yang paling noticeable dari kota ini adalah kentalnya pengaruh seni dan budaya yang mengalir di urat nadi masing-masing masyarakat. Tak mengherankan kalau kota ini melahirkan para seniman-seniman muda yang berhasil membawa kekayaan seni bumi Yogyakarta ke kancah nasional hingga internasional. No wonder, terutama karena tempat wisata di Yogyakarta pun banyak banget yang memamerkan berbagai macam peninggalan karya seni dan budaya. Yang jelas, para pencinta seni bakal menemukan surganya di sini.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Cerita Di Balik Megahnya Rumah Tongkonan Toraja

Museum memang sering diasosiasikan dengan tempat yang digunakan untuk mengabadikan dan menceritakan kisah perjuangan pahlawan kemerdekaan. Tapi, di Yogyakarta B’Timers bisa menemukan banyak banget museum yang memamerkan macam-macam karya seni. Salah satu museum seni yang digandrungi para wisatawan adalah Museum De Mata Trick Eye. 

Tempat Wisata di Yogyakarta Penuh Nilai Seni | Breaktime
tempat di wisata Yogyakarta nyeni banget!

Museum ini mengusung konsep lukisan 3D yang pertama kali ada di kota Yogyakarta. Di sini B’Timers bakal dibuat kagum dengan berbagai tokoh lukisan yang seakan melongok keluar dari bingkai lukisan serta lukisan-lukisan lain yang menipu mata. Ukuran dari lukisan-lukisan tersebut juga terdiri atas berbagai macam ukuran lho, mulai dari yang kecil hingga yang besar!

Koleksi lukisan di museum seni ini juga sangat beragam dan dibagi menjadi beberapa tema. Di museum ini Anda diperbolehkan, pake banget, untuk mengambil foto Anda dengan background lukisan yang ada. Lumayan keren kan untuk menghias instagram feeds Anda?

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Mengenal Lebih Dekat Rumah Tradisional Sumba

Dan biasanya nih B’Timers, yang namanya museum pastinya terletak di pusat kota atau tempat-tempat strategis lainnya. Tapi pihak manajemen dari Museum Seni Ullen Sentalu ternyata punya ide yang anti mainstream. Ya, bukannya mendirikan museum seni di pusat kota, mereka justru mendirikan museum seni ini di area lereng Merapi. 

Tapi justru, sepertinya hal itulah yang membuat museum Ullen Sentalu menjadi destinasi seni terfavorit dari para wisatawan. Bagaimana tidak? Terletak di Jl. Boyong Kaliurang, museum ini diselimuti oleh udara yang adem nan sejuk dengan kedamaian yang syahdu khas lereng Gunung Merapi.  Arsitektur museum yang terlihat menyatu dengan alam di sekitarnya juga cocok banget untuk dijadikan spot foto-foto. Sesampainya Anda di sana, Anda akan langsung disambut dan dibimbing oleh pemandu berpengalaman yang ahli dalam menjelaskan berbagai macam karya seni yang ada di museum tersebut.

Ada banyak banget koleksi seni yang dipamerkan di museum ini, mulai dari koleksi alat musik gamelan, lukisan tokoh dari dinasti Mataram, sampai koleksi batik, syair, dan lain sebagainya. Bahkan ada juga lho museum outdoor. Mungkin museum inilah satu-satunya tempat di Indonesia dimana Anda bisa melihat-lihat aneka karya seni manusia sekaligus menikmati keindahan karya seni Yang Maha Kuasa.

Tempat Wisata di Yogyakarta Penuh Nilai Seni | Breaktime
Koleksi seni di tempat wisata di Yogyakarta

Yogyakarta juga dikenal dengan salah satu museumnya yang dinobatkan jadi museum kedua terlengkap se-Indonesia, lho. Museum Sonobudoyo namanya. Museum ini tergolong cukup tua, dengan tahun pendirian sekitar 1942. Museum yang didirikan oleh yayasan Java Institut dan diresmikan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono VII pada tahun 1935 ini,  memiliki 10 jenis koleksi sejarah dan seni. Yaitu koleksi numismatik dan heraldika (koleksi mata uang dan tanda jasa, lambang, dan pangkat resmi), koleksi seni rupa,  sampai koleksi benda-benda bersejarah.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Liburan Hemat dengan Harga Hotel di Batu Malang

Yang mencengangkan, terlepas dari kelengkapan koleksinya, museum ini menawarkan harga tiket yang sangat terjangkau. Yaitu hanya sekitar Rp 3.000 untuk orang dewasa, Rp 2.500,- untuk anak-anak, dan Rp 5.000,- saja. Wah, rugi deh kalau sampai tidak berwisata ke museum ini!

Setelah bosan berwisata ke tempat wisata alam atau ke tempat wisata bernuansa mistis, ganti suasana dong dengan mengunjungi tempat wisata di Yogyakarta berseni di atas! (dkp)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE