Telusur Jejak Sejarah Kelam di Terowongan Cu Chi | Breaktime
Telusur Jejak Sejarah Kelam di Terowongan Cu Chi
25.01.2017

B’Timers, dari masa ke masa umat manusia selalu menghadapi masa-masa perang, mulai dari zaman kerajaan kuno hingga masa-masa pemerintahan kolonialisme. Pada era Perang Dunia I dan Perang Dunia ke-II, negara-negara dengan sistem militer yang kuat berperang antara satu sama lain sekaligus menduduki negara-negara dengan sistem militer yang lebih lemah untuk menghimpun kekuatan demi memenangkan peperangan. Indonesia  bukanlah satu-satunya negara yang harus berjuang melepaskan diri dari cengkeraman penjajah, beberapa negara Asia Tenggara lainnya pun juga pernah mencicipi pahitnya penjajahan sekaligus merasakan mencekamnya situasi perang melawan kemerdekaan.

Salah satu dari negara tersebut adalah Vietnam, dan jika Anda berkunjung ke negara ini Anda dapat menyaksikan tapak tilas perjuangan pahlawan Vietnam dalam melawan kependudukan Amerika dengan menyusuri terowongan Cu Chi yang terletak di ibu kota Vietnam, yaitu Ho Chi Minh City.

Ketika Anda berjalan-jalan mengunjungi kota terbesar di Vietnam ini, tentu sulit rasanya untuk membayangkan bahwa berapa meter di bawah tanah dari kota yang ramai ini terdapat terowongan dimana para pejuang Vietnam dulu hidup sekaligus melangsungkan taktik gerilya melawan sekutu Amerika. Akan tetapi, cobalah beranjak dari keramaian kota tersebut dan jelajahilah dataran tinggi Thanh Pho di distrik Cu Chi. Di tengah-tengah hutan kecil di pinggiran kota tersebutlah terowongan Cu Chi berada.

Terowongan ini digali begitu dalam hingga mungkin Anda tidak akan menyangka bahwa ternyata terowongan tersebut digali secara manual oleh pejuang Vietnam dengan hanya berbekalkan cangkul. Pejuang-pejuang tersebut juga harus bertarung melawan hewan-hewan penghuni tanah seperti kelabang, kalajengking, dan hewan-hewan berbisa yang lain. Pintu masuk dari terowongan ini pun dibuat dengan ukuran lebar yang sangat kecil, yaitu hanya sekitar 30x40 cm. 

Telusur Jejak Sejarah Kelam di Terowongan Cu Chi | Breaktime
Lubang menuju ke dalam terowongan ini saangat kecil!

Terowongan Cu Chi ini terbagi atas 3 lantai. Lantai pertama terletak paling dekat dengan pintu masuk memiliki kedalaman sekitar 3-4 meter dari permukaan tanah. Lantai konon digunakan sebagai tempat persembunyian tentara selama menyerang musuh. Sedangkan pada lantai kedua yang terletak sedikit lebih jauh, yaitu sekitar 6 meter dari bawah tanah digunakan untuk tempat berlindung anak-anak, orangtua dan prajurit yang terluka. Pada lantai terakhir, atau lantai ketiga dengan kedalaman 8-10 meter dari permukaan tanah digunakan sebagai rumah sakit, dapur, dan ruangan serbaguna. Pejuang Vietnam pada masa itu benar-benar telah melakukan kerja yang sangat bagus dalam merancang terowongan ini, bahkan hal-hal kecil dan sangat mendetail seperti cerobong asap pun dikamuflase dengan bentuk gundukan tanah sehingga terlihat seperti sarang semut biasa.

Para pejuang Vietnam pun cukup cerdik dengan mengkonstruksi sebuah ruangan tambahan yang difungsikan sebagai ruang pengungsian ketika tentara Amerika membobardir tanah Vietnam dengan menggunakan bom beracun. Selain itu, untuk melindungi kerahasiaan dari terowongan ini para pejuang Vietnam juga menggali berbagai macam lubang palsu yang difungsikan untuk mengecoh tentara Amerika. Beberapa booby traps tersebut berisi jarum-jarum yang sangat tajam sehingga dapat melukai kaki tentara Amerika yang menginjaknya. Ouch!

Terlepas dari konstruksi terowongan yang terkesan secara seksama, tidak sedikit nyawa dari penduduk Vietnam yang kehilangan nyawanya selama masa bersembunyi di terowongan ini. Penyebabnya tidak lain dan tak bukan akibat kurangnya pasokan oksigen, serta akibat penyakit-penyakit menular, seperti malaria. Bahkan tidak jarang para prajurit yang tewas di dalam terowongan akibat luka peperangan.

Setelah Vietnam merdeka, pemerintah Vietnam pun melestarikan terowongan ini sebagai bentuk penghormatan terhadap pahlawan-pahlawan Vietnam pada masa itu. Bagaimana dengan Anda, B’Timers? Apakah Anda juga tertarik untuk menjelajahi terowongan historis ini? (dkp)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE