Telur dan Kelinci Paskah, Inilah Dia Sejarahnya! | Breaktime
Telur dan Kelinci Paskah, Inilah Dia Sejarahnya!
14.04.2017

Jumat Agung tahun ini yang jatuh di tanggal 14 April 2017, akan menjadi hari yang paling penuh dengan coklat telur dan kelinci dengan rasa manis dan desain unik nan lucu dan menggemaskan, B’timers. Tapi di balik semua  makanan manis serta dekorasi menarik yang bikin hati gembira, sebenarnya ada sejarah apa di balik perayaan Paskah yang sebenarnya?

Telur dan Kelinci Paskah, Inilah Dia Sejarahnya! | Breaktime
Menghias telur adalah tradisi pada hari Paskah

Well, Paskah memang merupakan salah satu hari libur yang paling disukai oleh setiap kalangan usia. lho, B’timers.  Sepanjang hari Anda akan dikelilingi oleh para kelinci gembul lucu nan menggemaskan. Paskah sebenarnya merupakan hari ketika umat Kristiani merayakan kebangkitan Yesus setelah penyaliban-Nya, B’timers. Lalu seperti apakah sejarah paskah dan juga coklat telur dan kelincinya?

Baca juga: TERNYATA INI ASAL MULA NAMA RAJA AMPAT!

Tradisi perayaan Paskah telah muncul selama berabad-abad lamanya dari Eropa. Nah, perayaan Paskah dikenal di Amerika setelah para imigran Jerman datang dan membawa tradisi ini. Sembari membawakan budaya Paskah, imigran Jerman menceritakan kisah tentang kelinci yang bertelur, B’timers. Sementara dekorasi pada telur baru muncul dan mendunia setidaknya pada abad ke-13.

Telur dan Kelinci Paskah, Inilah Dia Sejarahnya! | Breaktime
Permen dan coklat adalah ciri khas dari Paskah

Ada berbagai tradisi untuk merayakan Paskah yang berbeda di seluruh dunia, B’timers. Misalnya dengan mengonsumsi aneka permen khas Paskah. Perayaan Paskah seperti ini merupakan perayaan yang penuh kebahagiaan di awal musim semi yang datang. Banyak budaya terkait Paskah yang hingga saat ini sering diidentikkan sebagai syarat utama perayaan Paskah. Mulai dari menghias dan berburu telur dan parade.

Baca juga: CINDELARAS & AYAM JAGONYA YANG TAK TERKALAHKAN

Kelinci Paskah memang merupakan salah satu simbol yang paling menonjol di saat perayaan Paskah dari seluruh dunia. Kelinci Paskah akan memberi telur berhias kepada setiap anak-anak yang berperilaku baik di hari Minggu paskah. Kelinci Paskah muncul pertama kali di Amerika pada tahun 1700-an  yang datang bersama dengan imigran Jerman dengan tradisi Osterhase atau Oschter Haws.

Telur dan Kelinci Paskah, Inilah Dia Sejarahnya! | Breaktime
Paskah, saatnya untuk berburu telur cantik!

Dan tidak jauh berbeda dengan Kelinci Paskah, dis etiap perayaan Paskah tentu tidak terlepas dari telur yang dihias dengan begitu kreatif. Telur merupakan sebuah simbol dari perayaan datangnya musim semi setelah musim dingin yang panjang dan membeku, B’timers. Selain itu Telur Paskah mewakili bangkitnya Yesus dari makam. Dekorasi dan hiasan telur baru muncul setidaknya pada abad ke-13. Kebiasaan dari menghias telur adalah, karena selama beberapa musim telur adalah makanan terlarang. Nah, mereka menghias telur sebagai bentuk perayaan telah diperbolehkan untuk mengonsumsi telur, B’timers.

Baca juga: HENAN JADI SAKSI PERDABAN CHINA KUNO

Di Amerika, liburan Paskah adalah hari permen paling dinantikan sepanjang tahun setelah Halloween, lho, B’timers. Makanan manis, seperti coklat dan permen menjadi sangat laris pada minggu Paskah di seluruh dunia. Tak hanya permen berbentuk telur, seperti Jelly Bean, maupun coklat berbentuk telur saja, namun juga coklat berbentuk kelinci dan anak ayam menjadi ciri khas dari Paskah.

Telur dan Kelinci Paskah, Inilah Dia Sejarahnya! | Breaktime
Parade untuk merayakan Paskah

Sementara itu untuk tradisi Parade Paskah, pertama kali muncul di New York setidaknya pada tahun 1800-an. Pada saat itu, masyarakat yang baru menghadiri perayaan Paskah di berbagai gereja di Fifth Avenue berjalan-jalan keliling kota sambil memamerkan pakaian musim semi baru yang mereka miliki dan tak ketinggalan topi. Dan di abad ke-20, tradisi ini pun semakin populer, terutama setelah dirilisnya film populer berjudul Easter Parade yang dibintangi oleh Fred Astaire dan Judy Garland. (NO)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE