Telisik Sejarah Semua Tentang Tari Rancak Denok | Breaktime
Telisik Sejarah & Semua Tentang Tari Rancak Denok
05.12.2016

Jika Anda mendengar kata topeng, apa yang akan muncul dalam benak Anda? Tentunya adalah sebuah benda yang menempel pada wajah, kan? Topeng sudah ada sejak jaman pra sejarah. Topeng pun akhirnya menjadi sebuah kesenian di beberapa daerah di Indonesia. Bahkan seni topeng juga berpengaruh besar pada lahirnya berbagai seni pertunjukan kontemporer di Indonesia.

Sejarah awal mula lahirnya tari Rancak Denok

Tari Rancak Denok juga menjadi salah satu kesenian daerah yang terinspirasi pada seni topeng. Otomatis tarian ini juga menggunakan topeng sebagai aksesoris utama selama pertunjukan. Sama halnya dengan tari Betawi dan Jawa Barat yang menggunakan topeng, hanya saja pada tari Rancak Denok ini menggabungkan unsur Jawa dan Tiongkok.

Nama Rancak Denok terdiri dari dua kata. Rancak berarti cepat dan dinamis, sedangkan denok berarti perempuan. Rancak Denok bisa diartikan sebagai perempuan yang cepat dan dinamis.

Telisik Sejarah Semua Tentang Tari Rancak Denok  | Breaktime
Tari Rancak Denok khas Semarang

Bagaimana membawakan tarian ini?

Tari Rancak Denok ini dilakukan oleh enam orang penari. Busana yang digunakan adalah kebaya dengan warna terang yang dilengkapi dengan kain jarik semarangan. Pada bagian kepala menggunakan konde yang dihias dengan bunga. Di bagian kepala akan terlihat konsep Tiongkok yang kental.

Seperti yang telah dijelaskan bahwa properti utama adalah topeng, maka setiap penari akan membawa sebuah topeng.

Tarian ini juga diiringi oleh musik gambang Semarang. Kreasi musiknya ditentukan oleh pemain salendro. Namun, saat ini tarian ini sudah sering diiringi oleh musik digital dan lebih modern.

Meskipun cara menampilkan tarian ini semakin modern, semoga tarian ini tetap lestari dan tidak termakan oleh kemajuan jaman, ya B’timers. (vpd)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE