Tawuran Nasi, Tradisi Unik dari Daerah Rembang! | Breaktime
Tawuran Nasi, Tradisi Unik dari Daerah Rembang!
09.09.2016

Tidak, tidak, B’timers. Ini bukan tawuran yang mengerikan, kok. Justru salah satu dari kebudayaan yang ada di Rembang ini menjadi tradisi unik wajib tahu, B’timers. Hingga saat ini yang namanya Tawur Nasi masih terus dilakukan oleh warga yang tinggal di Rembang, lho. Dan tidak akan Anda temukan berbagai macam senjata mematikan di sini, selain hasil panen padi warga saja. Nah, daripada penasaran, yuk, kita simak tradisi warga Rembang, Tawur Nasi, B’timers!

Tawuran Nasi, Tradisi Unik dari Daerah Rembang! | Breaktime
Nasi dibungkus daun pisang sebelum dipakai

Ritual sebelum melaksanakan Tawur Nasi

Meskipun dinamakan tawuran, tapi mereka tetap menggelar ritual terlebih dulu sebelum melaksanakan tradisi Tawur Nasi, B’timers. Warga akan menggelar doa di punden. Baru setelah itu, semua warga akan langsung mengambil nasi yang sebelumnya telah dikumpulkan di dekat punden. Yang unik dari Tawuran Nasi, setiap warga akan saling melemparkan nasi hasil panen. Dan tidak akan ada yang marah, lho.

Arti tersembunyi dari tradisi Tawur Nasi

Tradisi unik warga Rembang ini dilakukan rutin setiap tahun, B’timers. Tradisi satu ini bukan tak memiliki arti bagi warga setempat, lho. Mereka melakukannya untuk menunjukkan rasa syukur atas panen yang berlimpah yang diterima semua warga. Dan konon, jika mereka tidak menggelar tradisi yang sudah ada sejak lama, maka hasil panen akan berkurang karena gagal panen.

Tawuran Nasi, Tradisi Unik dari Daerah Rembang! | Breaktime
Tradisi tawuran tanpa emosi di Rembang

Tidak ada yang sia-sia dalam tradisi ini

Anda mungkin menganggap mereka hanya membuang-buang hasil panen saja, kan? Eits, padahal yang ada tidak demikian, lho, B’timers. Nasi-nasi yang telah dilempar dan tidak berhasil ditangkap, tidak akan terbuang sia-sia. Mereka akan mengambil semua nasi di jalanan dan digunakan untuk pakan ternak. Dan jika ternak diberikan makanan dari hasil Tawur Nasi, maka hasil ternak pun akan melimpah.

Wow, selain unik tradisi Tawur Nasi juga menyimpan arti yang begitu dalam, ya, B’timers? (NO)

Share This Article