Tari Andun dari Bengkulu untuk Sambut Panen Raya | Breaktime
Tari Andun dari Bengkulu untuk Sambut Panen Raya
24.08.2016

Tarian tradisional memang menyimpan cerita unik di baliknya, ya, B’timers. Nah, kali ini kita terbang ke Bengkulu, yuk, di mana ada setidaknya 5 tarian tradisional. Salah satu yang menarik adalah Tari Andun. Keunikannya adalah, tari tradisional ini telah dibawakan masyarakat Bengkulu sejak dulu, lho. Semakin penasaran, kan, B’timers? Yuk, simak cerita apa yang disimpan Tari Andun ini!

Tari Andun dari Bengkulu untuk Sambut Panen Raya | Breaktime
Tarian ungkapan kegembiraan

Sejarah unik di balik Tari Andun dari Bengkulu

Konon, masyarakat Bengkulu Selatan sudah sejak zaman dahulu menarikan Tari Andun ini, B’timers. Tari Andun adalah tari pergaulan sebagai salah satu sarana untuk emncari jodoh. Itulah sebabnya tarian ini dibawakan oleh pemuda dan pemudi. Dulu, Tari Andun dilakukan pada malam hari. Tepatnya saat ada acara adat, seperti pesta pernikahan. Namun saat ini fungsi tersebut mulai tenggelam.

Tak hanya menjadi tari untuk mendapatkan jodoh. Tari Andun merupakan tarian yang sering dibawakan pada pesta panen raya, B’timers. Masyarakat Bengkulu mengungkapkan rasa syukurnya atas hasil panen yang didapat. Biasanya acara ini diikuti oleh semua masyarakat, lho. Nah, dengan adanya perkembangan dan kemajuan zaman, Tari Andun ditampilkan untuk memeriahkan semua acara adat.

Tari Andun dari Bengkulu untuk Sambut Panen Raya | Breaktime
Alat musik khas Bengkulu mengiringi Tari Andun

Makna tersembunyi dari Tari Andun khas Bengkulu

Awalnya Tari Andun merupakan tarian dengan sifat untuk memberikan hiburan pada masyarakat. Fungsi dari tarian ini juga untuk memeriahkan acara adat tertentu, B’timers. Dan saat ini, Tari Andun pun mulai berkembang menjadi tarian pertunjukan, yang menggambarkan jiwa sosial masyarakat yang penuh rasa semangat kebersamaan.

Gerakan dalam Tari Andun memang terbilang cukup sederhana jika dibandingkan tarian tradisional lain di Indonesia, B’timers. Diiringi dengan irama musik tradisional seperti gong, gendang dan kolintang, para penari Tari Andun menggerakkan tubuh dengan lincah dan gemulai. Biasanya iringan untuk Tari Andun dimainkan dengan tempo cepat dan penuh semangat.

Unik, kan, cerita dari Tari Andun khas Bengkulu, B’timers? (NO)

Share This Article