Sungguh Kaya Ini 5 Tradisi Unik Milik Nusantara! | Breaktime
Sungguh Kaya! Ini 5 Tradisi Unik Milik Nusantara!
24.07.2016

Ada berapa tradisi unik yang Anda ketahui yang ada di Indonesia, B’timers? Selain memiliki destinasi wisata menarik, Indonesia juga kaya akan adat dan budayanya, lho. Dari Sabang hingga Merauke, ada berbagai tradisi yang jumlahnya tak terhitung. Dan upacara tradisional yang ada, bahkan masih dilakukan di daerah masing-masing hingga saat ini, lho, B’timers! Dab berikut 5 tradisi unik Nusantara!

Sungguh Kaya Ini 5 Tradisi Unik Milik Nusantara! | Breaktime
Tabuik ini akan dilarung ke laut

Tabuik, Sumatera Barat

Upacara yang masih dilakukan di wilayah Kabupaten Padang Pariaman ini, merupakan peringatan atas kematian anak Nabi Muhammad SAW dalam perang di zamannya. Setiap tanggal 10 Muharram tahun Hijriah, masyarakat lokal akan melakukan upacara ini. Sebelumnya mereka akan bergotong royong untuk membuat dua buah tabuik yang nantinya akan dilarung ke lautan.

Dugderan, Jawa Tengah

Tidak mengherankan, setiap kali datang Bulan Ramadhan selalu disambut. Nah, Semarang punya tradisi unik setiap sehari sebelum bulan puasa dan dimulai dari pagi hingga senja. Masyarakat akan menggelar warak ngendok atau binatang jadi-jadian dengan tubuh berbentuk kambing, berkepala naga dan berkulit sisik emas.

Ngaben, Bali

Untuk umat Hindu di Bali, upacara pembakaran atau kremasi jenazah adalah ritual penting. Untuk melaksanakan Ngaben, keluarga dari jenazah akan membuat bade dan lembu yang akan dijadikan tempat jenazah yang akan dibawa. Tempat tersebut terbuat dari kayu dan dibuat dengan model yang sangat megah. Setelah jenazah diarak, dalam ritual khusus jenazah bersama tempatnya akan dibakar.

Sungguh Kaya Ini 5 Tradisi Unik Milik Nusantara! | Breaktime
Tradisi pemakanan yang berlangsung meriah

Rambu Solo dan Mapasilaga Tedong, Sulawesi Selatan

Diwarisi oleh masyarakat Toraja secara turun temurun, upacara kematian Rambu Solo merupakan bentuk penghormatan terakhir keluarga untuk jenazah, B’timers. Setelah itu, jenazah akan dibawa ke pekuburan Londa yang terletak di tebing goa.Sementara upacara Mapasilaga Tedong adalah acara adu kerbau. Setelah diadu, kerbau-kerbau tersebut akan dipotong dengan prosesi khusus.

Pasola, Nusa Tenggara Timur

Anda akan menyaksikan ada dua kelompok yang melakukan perang. Untuk setiap kelompoknya, terdiri dari 100 pemuda yang dipersenjatai dengan tombak kayu yang berujung tumpul, B’timers. Didandani mengenakan baju perang khas, upacara Pasola digelar untuk menyampaikan doa kepada Tuhan untuk meminta keberhasilan panen.

Wah, jika membicarakan tradisi unik, Indonesia memang gudangnya, ya, B’timers? (NO)

Share This Article