Suku Maasai dengan Tradisi Minum Darah yang Unik | Breaktime
Suku Maasai dengan Tradisi Minum Darah yang Unik
09.06.2017

Sanggupkah Anda bayangkan apabila di suatu belahan dunia, masih ada sekelompok masyarakan yang terus menjunjung tinggi tradisi peninggalan dari para nenek moyang mereka yang terdahulu, B’timers? Dan salah satunya adalah Suku Maasai di Afrika Timur, nih.

Kelompok etnis Nilotic ini mendiami Kenya bagian selatan dan Tanzania bagian utara, B’timers. Mereka adalah salah satu penduduk lokal yang paling dikenal karena tempat tinggal mereka berada berdekatan dengan taman permainan yang ada di African Great Lakes. Dan tak ketinggalan kebiasaan serta pakaian khas yang mereka kenakan, B’timers.

Suku Maasai dengan Tradisi Minum Darah yang Unik | Breaktime
Suku Maasai dengan tradisi unik dari para leluhur

Menurut sejarah yang berkembang, diperkirakan bahwa nenek moyang mereka berasal dari Afrika Utara yang kemudian melakukan migrasi ke arah selatan menyusuri Lembah Nil. Merekaakhirnya tiba di Kenya Utara pada pertengahan abad ke-15. Mereka terus melakukan perjalanan ke selatan, menaklukkan suku yang ditemui di sepanjang jalur yang dilalui. Akhir abad ke-19 mereka tiba di Tanzania.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Ini Orang Eropa Pertama Penjelajah Gunung Gede!

Pada saat mereka melakukan perjalanan migrasi menuju tempat yang baru, suku ini menyerang suku di dekat mereka dan merebut ternak-ternak mereka, B’timers. Nah, menjelang akhir dari perjalanan yang mereka lakukan, Suku Maasai sudah berhasil mengambil alih hampir seluruh tanah yang ada di Lembah Rift. Bahkan termasuk tanak di Gunung Marsabit hingga Dodoma.

Suku Maasai dengan Tradisi Minum Darah yang Unik | Breaktime
Rumah Suku Maasai yang merupakan orang pendatang

Ada yang unik dari penampilan Suku Maasai, lho, B’timers. Jika di Indonesia dan kebanyakan negara di dunia menilai sebuah kecantikan wanita dari bentuk tubuh yang langsing, kulit yang putih, wajah yang bersih dari noda dan jerawat, rambut yang terawat dan panjang, berbeda dengan kaum wanita di suku ini, B’timers.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Saulak, Tradisi Pra-Nikah Suku Mandar Banyuwangi

Mereka mengenakan pakaian dari kulit binatang. Kaum wanitanya mengenakan perhiasan yang terbuat dari manik-manik. Perhiasan ini diletakkan di sekitar leher dan lengan. Tak hanya wanita yang memakai perhiasan ini, namun juga kaum prianya, B’timers. Mungkin yang membedakannya adalah warna manik yang mereka kenakan.

Suku Maasai dengan Tradisi Minum Darah yang Unik | Breaktime
Inilah standar kecantikan dari para wanita Maasai

Selain pakaian dan perhiasan, standar kecantikan mereka yang berikutnya bisa dibilang sangat ekstrem, lho, B’timers. Telinga mereka ditindik hingga membentuk lubang yang sangat lebar pada bagian telinga. Untuk membuat lubang tersebut, pria dan wanita dari Suku Maasai mengenakan anting logam dengan diameter yang cukup lebar.

Wanita dari Suku Maasai harus mencukur kepala mereka dan mengeluarkan dua gigi tengah di rahang bawah untuk pemberian obat tradisional secara oral, B’timers. Untuk alas kaki, mereka biasanya tidak mengenakan apapun atau hanya memakai sandal sederhana yang terbuat dari kulit sapi.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Ngayau, Tradisi Penggal Kepala Suku Dayak

Untuk makanan yang mereka konsumsi, didapatkan dari hewan ternak mereka, B’timers. Namun selain mengonsumsi daging dan meminum susunya, Suku Maasai ini juga terkadang meminum darah binatang ternak mereka, lho. Dan ternyata menurut penelitian, karena tradisi mengonsumsi daging, susu dan juga darah mentah dari hewan ternak mereka, ada manfaat kesehatan yang didapatkan.

Berdasarkan penelitian, para orang-orang Maasai kebanyakan bebas dari penyakit, B’timers. Banyak dari mereka yang tak terserang karies gigi ataupun lengkungan gigi yang cacat. Selain itu, Suku Maasai juga terbukti memiliki 0,4 % risiko karies tulang. Dan angka ini termasuk sangat rendah. Bahkan untuk wanita hamil dan menyusui, serta anak yang sedang dalam masa pertumbuhan, mereka akan mendapat jatah darah segar untuk dikonsumsi, lho, B’timers.

Dan ada satu lagi tradisi unik yang dimiliki oleh Suku Maasai, yaitu tarian untuk mencari jodoh, B’timers. Simak dalam video di bawah ini, yuk: (NO)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BALI
GUIDE
related img
icon maps
BALI
GUIDE
related img
icon maps
BALI
GUIDE